Dari traveling hingga makan malam romantis bersama pasangan, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan untuk merayakan hari Valentine yang spesial. Namun, jika kamu dan pasanganmu sedang ingin merayakan hari kasih sayang ini berdua saja di rumah, berikut lima film romantis klasik pemenang Oscars untuk ditonton di hari Valentine mendatang.

1/5 Annie Hall (1977)

1 annie hall.jpg
Foto: tasteofcinema.com

Annie Hall (1977) merupakan sebuah film komedi romantis asal Amerika yang bercerita mengenai kisah bitter-sweet romance di antara Alvy Singer (Woody Allen) dan Annie Hall (Diane Keaton), dan mengapa hubungan mereka berakhir. Disutradarai oleh Woody Allen, yang juga merangkap sebagai salah satu tokoh utama, Annie Hall sukses memenangkan empat penghargaan Oscars: Best Picture, Best Actress, Best Director, serta Best Original Screenplay. Dengan jalan cerita bitter-sweet yang dapat menyentuh hati para penonton, tidak heran jika film ini kerap disebut sebagai salah satu film romantis klasik yang wajib ditonton.

2/5 Shakespeare in Love (1998)

2 shakespeare.jpg

Foto:imdb.com

Nama Shakespeare mungkin sudah tidak asing lagi khususnya bagi kamu para pecinta sastra. Sesuai judul dari film ini, Shakespeare in Love (1998) menceritakan sebuah kisah fiksi mengenai William Shakespeare (Joseph Fiennes) yang mencoba untuk mengatasi writer’s block dengan mencari inspirasi dari love affair dengan Lady Viola (Gwyneth Paltrow), seorang bangsawan. Disutradarai oleh John Madden, film ini memenangkan total tujuh penghargaan Oscars yang meliputi Best Picture, Best Actress, Best Supporting Actress, Best Art Direction, Best Costume Design, Best Original Score, dan Best Original Screenplay, sehingga tentu saja film ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk ditonton di hari Valentine.

3/5 Gone with the Wind (1939)

3 gone with the wind.jpg

Foto: letterboxd.com

Selanjutnya, Gone with the Wind (1939) merupakan film asal Amerika yang diadaptasi dari novel ternama karya Margaret Mitchell. Film historical romance ini mengambil latar American Civil War, menceritakan kisah cinta yang kompleks di antara Scarlett O’Hara (Vivien Leigh), Ashley Wilkes (Leslie Howard), Rhett Butler (Clark Gable), dan Melanie Hamilton (Olivia de Havilland). Film yang disutradarai oleh Victor Fleming ini kini kerap disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, dan tentu saja menjadi salah satu rekomendasi film romantis klasik terbaik untuk dikenang saat hari Valentine.

4/5 Casablanca (1942)

4 casablanca.jpg

Foto:screenplayed.com

Satu lagi rekomendasi yang tepat jika kamu dan pasanganmu menyukai film dengan unsur sejarah, Casablanca (1942) bisa menjadi pilihanmu. Film ini merupakan sebuah film Amerika yang disutradarai oleh Michael Curtiz dan berhasil memenangkan tiga penghargaan Oscars, yaitu Best Picture, Best Director, dan Best Adapted Screenplay. Mengambil latar World War II, Casablanca bercerita mengenai Rick Blaine (Humphrey Bogart) yang yang harus memilih apakah ia akan membantu wanita yang dicintainya serta suaminya yang merupakan seorang Czech resistance leader untuk melarikan diri dari musuh yang mengejarnya atau tidak. Jalan cerita yang disajikan serta eksekusinya yang cemerlang membuat film ini perlahan semakin populer pada masanya, hingga kini film ini dikenal sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa meski sudah berpuluh tahun lamanya.

5/5 It Happened One Night (1934)

5.jpg

Foto: forgetfulfilmcritic.com

Tentu saja, list ini tidak akan lengkap tanpa kehadiran It Happened One Night (1934), salah satu film romantis klasik terpopuler dan film pertama dalam sejarah Oscars yang berhasil meraih lima penghargaan Oscars utama: Best Director, Best Actor, Best Actress, dan Best Adapted Screenplay. Disutradarai oleh Frank Capra, film ini bercerita mengenai seorang sosialita bernama Ellen Andrews (Claudette Colbert), yang kabur dari ayahnya, namun jatuh cinta pada seorang reporter bernama Peter Warne (Clark Gable) yang ditemuinya di tengah perjalanan. Namun, kisah romansa di antara mereka juga dibumbui dengan berbagai hal yang membuat jalan cerita dari film ini semakin menarik untuk ditonton.

Baca juga: 5 Film Nominasi Oscars 2020 dengan Budget Terbesar

Tags: Valentine, Oscars, Film Klasik, Film Romantis