Baru-baru ini, Presiden Jokowi Widodo baru saja merilis series Youtube terbarunya yang berjudul "#JKWKULINER Jalan-Jalan Di Solo." Selain merupakan tanah kelahirannya, Solo juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Jika kamu tertarik untuk mencoba dan mengetahui tempat makan langganan Jokowi di kota batik ini, berikut 5 tempat makan langganan presiden ke-tujuh ini. 

Sate Kere Bu Tugiyem

Sate khas Solo ini terkenal dengan bumbunya yang lezat, selain itu sate ini juga terkenal dengan tempe gembusnya. Bahan dasar dari sate ini menggunakan jeroan sapi, seperti paru atau usus. Sate Kere langganan Jokowi ini terletak di Jalan Arifin No. 63, tepatnya di parkiran depot Es Nini Thowong. Satu tusuk sate kere dihargai Rp1,500 dan 10 tusuk sate jeroannya dihargai sekitar Rp 22,000. 

Sate Buntel Mbok Galak

Masih dengan sate, sate buntel ini merupakan olahan dari daging kambing muda yang sudah dicincang. Daging kambingnya pun terasa empuk dan gurih, ini dikarenakan bagian luar dari daging sudah dibungkus oleh lemak daging. Lokasi dari kuliner favorit Jokowi ini juga terletak tidak jauh dari kediaman masa kecilnya. Warung sate ini terletak di pinggir Jalan Mangun Sarkoro No. 122.

Nasi Liwet Bu Sri

Nasi Liwet adalah salah satu kuliner khas Solo, jadi jangan kaget jika saat mampir ke Solo kamu akan sering melihat warung-warung yang menyediakan kuliner satu ini. Nasi liwet ini terdiri nasi gurih yang disajikan dengan labu siam, suwiran ayam dan areh atau gumpalan santen. Dari sekian banyaknya warung nasi liwet, warung Nasi Liwet Bu Sri yang terletak di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo yang menjadi favorit Jokowi.

Timlo Sastro

nasi-timlo-komplit-pak.jpgFoto: via. TripAdvisor

Timlo merupakan sup khas Solo, sup ini terdiri dari irisan ati ampela ayam, irisan dadar gulung, bihun, telur pindang, dan suwiran ayam goreng. Timlo Sastro merupakan warung timlo yang menjadi langganan Jokowi. Warung ini terletak di Jalan Kapten Mulyadi No. 8.

Es Dawet Bu Dermi

Es Dawet ini tersembunyi di dalam Pasar Gede Solo, hidangan satu ini sangatlah nikmat dan cocok jika dinikmati pada siang hari yang terik. Es dawet ini cukup spesial karena menggunakan biji selasih, dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, cairan gula Jawa, dan santan serta es batu sebagai penyegar.

Baca juga: 5 Restoran Di Jakarta Pilihan Para Startup Founders Saat Meeting