Film Parasite memang sedang menjadi pusat perhatian dunia saat ini, khususnya bagi para penyuka film. Dengan jalan cerita dan eksekusinya yang brilian, tidak heran jika film ini mampu menarik begitu banyak penggemar dan mendapat popularitas yang tinggi. Bahkan, film garapan Bong Joon-ho ini telah berhasil mencetak sejarah baru dalam ajang Oscars ke-92 yang baru saja berlangsung sebagai film yang tidak berbahasa Inggris pertama yang berhasil meraih penghargaan Best Picture. Namun, dibalik kesuksesan dan prestasinya itu, Parasite ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui. Penasaran? Simak selanjutnya di bawah ini.

1/5 Dulunya berjudul The Décalcomanie

p 1.jpg

Foto: Instagram @neonrated

Sebelum mengambil judul “Parasite”, film ini ternyata sempat mengambil judul lain. Dilansir dari The Hollywood Reporter, film ini dulunya berjudul The Décalcomanie yang terinspirasi dari sebuah teknik seni yaitu decalcomania, di mana ketika seseorang membuat suatu gambar di satu sisi kertas, gambar tersebut akan berpindah pada sisi yang satunya lagi ketika kertas tersebut dilipat. Teknik ini sedikit merepresentasikan kedua keluarga utama pada film tersebut, di mana sekilas keduanya terlihat sama, namun ternyata tidak sama jika dilihat lebih dekat, sama seperti hasil akhir teknik ini.

2/5 Cerita yang terinspirasi dari pengalaman sang sutradara

p 2.jpg

Foto: Instagram @theacademy

Siapa sangka jika film Parasite juga terinspirasi dari pengalaman hidup sang sutradara sendiri, Bong Joon-ho? Seperti dikutip dari berbagai media lokal dan internasional, ia sempat bekerja sebagai tutor untuk keluarga kaya di Seoul ketika masih berkuliah. Pengalamannya inilah yang kemudian juga menjadi inspirasinya untuk membuat Parasite.

3/5 Berhasil menarik 8 juta penonton dalam waktu singkat

p 3.jpg

Foto: Instagram @neonrated

Tidak bisa dipungkiri, Parasite memang merupakan salah satu film terpopuler pada tahun 2019 lalu. Bahkan, dalam waktu 17 hari penayangan saja, Parasite telah sukses menarik 8 juta penonton di bioskop.

4/5 Akan dibuat limited series-nya

p 4.jpg

Foto: Instagram @neonrated

Kabar baik bagi para penggemar Parasite, film asal Korea Selatan ini akan diadaptasi menjadi sebuah limited series oleh HBO. Bahkan kabarnya, Bong Joon-ho juga akan bekerja sama dengan sutradara asal Amerika ternama, Adam McKay, dalam proses pembuatan limited series tersebut.

5/5 Set yang dibangun di dalam tangki air

p 5.jpg

Foto: Instagram @neonrated

Tidak hanya jalan ceritanya saja yang mengagumkan, tempat shooting dari film Parasite pun juga kerap menarik perhatian penonton. Namun ternyata, rumah keluarga Kim yang kumuh serta daerah di sekitarnya dibangun di dalam sebuah tangki air yang besar. Untuk membuat set tersebut semakin realistis dan terlihat kumuh, art department dari film tersebut pun juga mengunjungi berbagai perumahan yang hendak dihancurkan dan terbengkalai, untuk mengambil objek seperti pintu dan jendela untuk digunakan sebagai material untuk membangun set tersebut.

Baca juga: 5 Film Nominasi Oscars 2020 dengan Budget Terbesar

Tags: Parasite, Oscars 2020, Bong Joon-ho, Fakta Film Parasite