expat forum.jpgFoto: Dok. Expat Forum

Jepang kembali menempati urutan pertama sebagai negara pemegang paspor paling kuat di dunia selama 3 tahun berturut-turut menurut list terbaru Henley Passport Index yang diterbitkan oleh Henley & Partners. List ini diurutkan berdasarkan jumlah negara yang dapat dikunjungi oleh satu paspor dengan akses bebas visa atau visa on arrival. 

Dilansir dari list tersebut, para pemegang paspor Jepang dapat mengunjungi 191 negara di seluruh dunia secara bebas visa atau menggunakan visa on arrival. Sehingga bagi para pemegang paspor Jepang, mereka bisa mengunjungi negara seperti Italia, Peru, Brazil, Swiss tanpa harus mengurus visa sebelum keberangkatan. 

Di posisi kedua, ditempati oleh negara Singapura yang memiliki akses ke 190 negara. Sedangkan di urutan ketiga ditempati negara Korea Selatan dan Jerman yang masing-masing memiliki akses ke 189 negara. 

Indonesia sendiri menempati urutan ke 72 dengan total akses bebas visa atau visa on arrival ke 71 negara. Sebut saja negara yang bisa dikunjungi seperti negara anggota ASEAN, Kolombia, Maroko dan Serbia. 

Baca juga: 5 Pertunjukan Kembang Api Termahal di Dunia

Tags: Most Powerful Passport, Japanese Passport, Henley Passport Index