[Artikel ini mengandung spoiler]

Intens dan menegangkan, itulah kata yang bisa menggambarkan film 'Joker' garapan Todd Phillips yang sedang hype di Tanah Air. Dibintangi oleh aktor kawakan Joaquin Phoenix, banyak pihak yang menilai bahwa film ini merupakan suatu mahakarya. Namun apakah kamu tahu? Lokasi asli untuk pengambilan gambar Joker juga dinilai memiliki aura yang serupa. Berikut 7 tempat yang dimana menjadi lokasi pengambilan Joker.

Jerome Avenue
jerome avenue New york YIMBY.jpg

Foto: Dok. New York YIMBY 

Apakah kamu ingat adegan Arthur yang sedang dikejar-kejar oleh polisi dan tidak sengaja tertabrak? Adegan tersebut diambil di satu jalanan metropolitan Jerome Evenue yang terletak di The Bronx, New York. 

William J Brennan Courthouse wayne wikipedia.jpg

Foto: Dok. Wikipedia.com 

William J Brennan Courthouse merupakan gedung pengadilan yang sudah berdiri lebih dari satu abad yang terletak di New Jersey, US. Di dalam film 'Joker', lokasi ini disulap menjadi kediaman Thomas Wayne, pebisnis ulung calon walikota Gotham dan juga ayah dari Bruce Wayne. Gedung ini muncul saat scene para demonstran Gotham yang sedang demo menuntut Thomas Wayne. 

The Bedford Park Boulevard Subway Station

bedford thesubwaynut.jpgFoto: Dok. thesubwaynut

Adegan dimana Arthur sedang dikejar oleh 2 orang detektif di tengah kerumunan demonstran yang menggunakan topeng badut diambil di The Bedford Park Boulevard Subway Station, The Bronx, New York.

Manhattan Bridge

manhattan sukita id.jpgFoto: Dok. Sukita.id

Satu scene dimana Arthur berlari membawa tas dan juga berlari sehabis membunuh ketiga orang yang mengganggunya di dalam subway sebelumnya diambil di jembatan Manhattan. Bukan di atas jembatan Manhattan, melainkan di bawah Jembatan Manhattan menjadi lokasi tempat pengambilan gambar untuk scene tersebut. 

Paramount Theater Newark

newark nj.com.jpgFoto: Dok. NJ.com

Muncul dalam trailer dan film, Arthur yang sehari-hari bekerja sebagai badut ini menghibur para pejalan kaki di kota Gotham. Satu scene dimana Arthur yang sedang bekerja dan papannya direbut oleh sekelompok berandalan diambil di depan Paramount Theater Newark yang terletak di New Jersey. Paramount Theater Newark dulunya merupakan toko furnitur yang dibuka pada tahun 1886.

The Step Street

step ladder pinterest.jpgFoto: Dok. Pinterest

Salah satu adegan paling ikonik di film 'Joker' adalah saat Arthur menari gembira sambil menuruni anak tangga dengan berpakaian lengkap dan riasan wajah. Diketahui bahwa adegan ini diambil di satu The Step Street yang terletak di Anderson Avenue & 167th street, The Bronx, New York. Serupa dengan apa yang ditampilkan di Joker, The Step Street dinilai merupakan satu area untuk pelampiasan para pekerja kelas bawah yang ingin bereskpresi. 

Twin Donut Plus

twin donut Norwood news.jpgFoto: Dok. Noorwood News

Terakhir ada Twin Donut Plus. Lokasi ini merupakan tempat pengambilan gambar dimana Arthur dan Sophie sedang bercanda gurau. Toko yang aslinya menjual donat ini terletak di daerah The Bronx, New York. Menurut satu pemberitaan, toko ini sudah tutup sementara beberapa bulan sebelum pengambilan gambar. Namun hingga sekarang, toko ini dibiarkan kosong. 

Baca juga: 4 Film Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Menonton 'Joker' Garapan Todd Phillips

Tags: Arts And Culture, Joker, Joaquin Phoenix, Todd Phillips