Kabar baik bagi dunia perfilman Indonesia, Netflix dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia akan bekerja sama untuk mendukung dan meningkatkan kualitas film Tanah Air. Hal ini tentu mendapat dukungan dan tanggapan yang baik dari Mendikbud, Nadiem Makarim.

netflix 2.jpg

Foto: Instagram Netflix Indonesia

Seperti dilansir dari Katadata.co.id, Netflix mengeluarkan dana sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14 miliar dalam upayanya untuk mendukung perfilman Indonesia.

Salah satu bentuk dukungan ini berupa pelatihan penulis naskah film (script writer), di mana akan ada 100 orang penulis naskah yang mengikuti pelatihan di Indonesia. Setelah itu, akan ada juga 10 orang terpilih yang dapat mengikuti pelatihan penulis naskah film di Amerika Serikat.

Sementara itu, kolaborasi lain meliputi sebuah kompetisi pembuatan film pendek bertema Pancasila. Pada kompetisi ini, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa biaya produksi film sebesar 600 ribu dolar AS atau sekitar setara dengan 8,3 miliar rupiah.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin talenta di industri perfilman Indonesia dapat berkembang dan meningkatkan kualitas film Indonesia sehingga dapat bersaing di kancah internasional.

Salah satu contoh film Indonesia yang sudah mendunia melalui layanan Netflix adalah The Night Comes for Us, yaitu konten original pertama dari Indonesia di Netflix, yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto.

Kolaborasi ini pun menuai banyak respons positif dari masyarakat. Adapun Managing Director Netflix Asia-Pacific, Kuek Yu Chuang dan produser ternama Indonesia, Sheila Timothy, adalah beberapa dari yang menyambut baik kolaborasi tersebut.

Baca juga: Jepang Menempati Urutan Pertama Pemilik Paspor Terkuat di Dunia

Tags: Nadiem Makarim, Netflix, Perfilman Indonesia, Kemendikbud