Pesta demokrasi Indonesia telah dimulai. Masa kampanye sudah dijalani sejak akhir bulan September 2018 lalu dan akan segera berakhir pada tanggal 13 April 2019. Puncak pada pesta demokrasi ini adalah pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang. Oleh sebab itu, ada beberapa hal menarik yang perlu kita ketahui mengenai pemilu 2019 ini, yuk kita tengok apa saja.

Merupakan Pemilu Yang Terbesar

p11.jpg

foto: Dok. IDN Times

Pemilihan umum yang akan diadakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, merupakan pemilu terbesar dalam sejarah demokrasi bangsa Indonesia. Hal ini merupakan pengalaman pertama bagi Indonesia, karena pemilihan presiden dan calon legislatif diadakan secara bersamaan. Adapun pemilu ini ada 2 kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, serta kandidat di parlmen terdapat  575 DPR RI, 136 DPD, 2.207 DPR Provinsi, 17.610 DPRD Kabupaten/Kota. Serta diikuti oleh 16 partai politik yang bertarung, 4 diantaranya merupakan partai baru, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Garuda dan Partai Persatuan Indonesia(Perindo).

 Terdapat 5 Surat Suara Dalam Satu Kali Pemilihan

p2.jpgfoto: Dok. rri.co.id

Dalam pemilu yang akan datang, terdapat 5 surat suara yang harus kita isi dalam satu kali pemilihan. Surat suara abu-abu digunakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, kuning untuk memilih DPR RI, merah untuk memilih DPD RI, biru untuk memilih DPRD Provinsi, dan hijau untuk memilih DPRD Kabupaten/Kota. Kecuali untuk  Provinsi DKI Jakarta hanya berlaku  4 suara, karena pemilih di DKI tidak memilih anggota DPRD tingkat Kabupaten atau kota. 

Memahami Dengan Baik Visi Dan Misi Calon Kandidat Yang Akan Dipilih

p3.png

 foto: Dok.Bendera pemilu 2019

Sebagai seorang pemilih, kita perlu mengetahui serta mencermati setiap program kerja, gagasan hingga rekam jejak dari setiap calon kandidat yang akan dipilih. Sehingga nantinya kita tidak akan merasa menyesal setelah memilih. Meskipun terdapat 16 partai berbeda yang akan bertarung, namun mereka semua memiliki satu tujuan yang sama, yaitu membangun Indonesia kearah yang lebih baik. Setiap partai berusaha memberi kader terbaiknya untuk maju dan menduduki kursi pemerintahan baik di pusat maupun daerah.

Sebagai pemilu yang terberat

p4.jpgfoto: Dok. monitor.co.id

Pemilu 2019 ini dinilai sebagai pemilu terberat baik secara teknis maupun anggaran. Menurut Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (perludem), pemilu serentak ini merupakan pemilu terberat dalam sejarah demokrasi bangsa Indonesia dan pada perjalanan sebuah bangsa.  Pemilu mendatang juga menyedot anggaran yang cukup besar, yaitu 24,8 triliun rupiah. Sedangkan pada tahun 2014 total anggaran sebesar 24,1 triuliun rupiah, ini berarti pemilu kali ini mengalami kenaikan anggaran sebanyak 700 milyar rupiah.

40% Pemilih Tercatat Didominasi Oleh Pemilih  Milenial

Hak suara merupakan salah satu hal terpenting baik dalam pemilu sebelumnya, kali ini dan selanjutnya.  Satu suara sangatlah berharga dalam rangka membangun negara ini. Telah tercatat ada 809.500 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di seluruh Provinsi. Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU), terhitung hampir 40% pemilih merupakan generasi milenial. Pastikanlah bahwa nama kalian telah terdaftar sebagai pemilih di TPS, dengan mengecek ke KPU di Keluharan sesuai KTP anda atau bisa juga melalui website KPU yaitu lindungihakpilihmu.kpu.go.id. 

Baca juga: 5 Kota Di Eropa Yang Pernah Menolak Kedatangan Turis Untuk Berlibur

Tags: Society, Indonesia, 2019, Pemilu, Demokrasi, Serentak, Partai, Terbesar, Politik