Bagi para pekerja yang bekerja baik di kantor maupun yang bekerja dari rumah, kenyamanan merupakan salah satu faktor pendukung untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Ruang kerja yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Berikut beberapa tips untuk membuat ruang kerjanu menjadi lebih nyaman.

Penataan cahaya yang tepat 

3.jpgfoto: Dok. Pixabay

Pada umumnya, ruang kerja harus memiliki banyak jendela agar bisa mendapatkan cahaya yang alami. Pencahayaan alami yang berasal dari matahari dinilai dapat meningkatkan suasana hati agar dapat merasakan energi postif dan juga dapat membuat para pekerja menjadi lebih produktif.  Selain itu, para pekerja juga dapat menaruh lampu kecil pada meja kerjanya sebagai pencahayaan buatan. Hal tersebutu berfungsi untuk mendapatkan pencahayaan buatan di ruang kerja untuk memfasilitasi kegiatan membaca, menulis, dan kegiatan kerja lainnya. 

Kursi dan meja yang nyaman

2.jpgfoto: Dok. Pixabay

Kursi kantor yang nyaman merupakan investasi yang bagus. Kursi yang bagus harus memiliki bantalan yang nyaman, memiliki sandaran lengan, harus memiliki ketinggian kursi yang dapat disesuaikan. Sama halnya dengan kursi, meja juga merupakan salah satu elemen penting dalam ruang kerja. Meja yang cocok digunakan untuk bekerja adalah meja yang sesuai dengan ukuran kursi dan juga tubuh pekerja. Tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Gunakan mejamu untuk tujuan yang penting

1.jpgfoto: Dok. Pixabay

Dalam dunia kerja, diharapkan untuk jangan mencampuri antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Jika pekerja ingin bekerja dari rumah, sebaiknya harus memilih tempat khusus atau ruang yang terpisah untuk bekerja sehingga dan juga tidak digunakan untuk hal lain. Karena apabila pekerjaan digabungkan dengan kehidupan pribadi hanya akan mengganggu konsentrasi untuk bekerja. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap pekerja untuk menetapkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Temperatur yang nyaman

4.jpgfoto: Dok. Pixabay

Suhu juga merupakan hal yang senting, meski terlihat sepele namun sebenarnya tidak bisa dianggap remeh. Jika suhu dalam ruang kerja terlalu panas, maka itu akan membuat pekerja tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dalam bekerja. Dan jika terlalu dingin, hal tersebut juga akan membuat pekerja menjadi tidak produktif, karena suhu yang terlalu dingin dapat mengakibatkan kantuk. Oleh karena itu, aturlah suhu yang dapat membuat pekerja merasa nyaman untuk bekerja sehingga dapat memacu efektivitas dan produktivitas mereka. 

Baca juga: 10 Inspirasi Kado Istimewa Di Hari Ayah 

Tags: Workspace, Comfortable