Industri game sudah dikenal sebagai salah satu industri hiburan terbesar di dunia, hal ini tidak akan terjadi tanpa hasil kerja keras perusahaan-perusahaan dan developer game. Setiap tahunnya, jumlah penikmat game pun semakin meningkat, membuat game menjadi peluang untuk bisnis bagi banyak perusahaan dan developer untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki banyak penikmat game membuat banyak startup tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memanfaatkan industri ini dan memang terbukti ada beberapa perusahaan-perusahaan yang sukses menjalankan bisnisnya di industri game ini. Berikut beberapa perusahaan yang sukses di Indonesia.

Touchten Games

touchten-gms.pngsource: touchten.com

Perusahaan game yang berasal dari Jakarta ini dikenal sebagai raja startup game di Indonesia. Sudah banyak game yang berhasil diluncurkan oleh Touchten, saat ini ada 9 games yang bisa diunggah di App store. Selain itu, perusahaan game satu ini juga sudah banyak meraih prestasi, beberapa game buatan Touchten berhasil mendapatkan peringkat di dunia, diantaranya yaitu Ramen Chain dan Train Legend. Sampai saat ini, sudah tercatat 20juta pengguna yang sudah memainkan game buatan Touchten ini.

Lyto

lyto-1.jpgsource: lytogame.com

Lyto merupakan salah satu perusahaan game yang berdiri cukup lama di Indonesia, didirikan pada tahun 2013, awal mula Lyto hanya menyediakan game-game berbasis online, seperti Crossfire, Idol Street, Perfect World, dan RF Online. 

Gemscool

gemscool-1.jpgsource: gemscool.com

Selain Lyto, Gemscool juga sudah cukup lama dalam dunia bisnis game. Game yang dikembangkan oleh PT. Kreon Indonesia ini sudah banyak memproduksi game berbasis online yang sampai saat ini masih terkenal salah satunya yaitu Lost Saga. Selain itu, Gemscool juga menyediakan forum khusus untuk para penggunanya sebagai media untuk berdiskusi tentang game-game Gemscool atau bahkan hanya sekedar bertukar pikiran. Sampai saat ini, jumlah penggunanya sudah melebihi 4 juta pengguna.

Own Games

owngames.pngsource: own-games.com

Perusahaan game satu ini terkenal karena salah satu game buatan mereka yang viral, yaitu Tahu Bulat. Own Games didirikan pada tahun 2013, perusahaan ini awalnya dibentuk hanya dengan dua orang dan sekarang perusahaan game ini sudah cukup besar dan terkenal di Indonesia. Sebelum mengembangkan Tahu Bulat, Own Games awalnya hanya berfokus pada platform seperti Nokia Asha dan Windows Phone, hal ini menjadi strategi bisnis yang cukup unik dalam mengembangkan perusahaan startup, selain itu cara ini juga menunjukkan perbedaan dari perusahaan-perusahaan lainnya yang memanfaatkan sistem operasi Android dan iOS.

Toge Production

toge productions.jpgsource: togeproductions.com

Perusahaan ini sudah cukup familiar untuk para penikmat game Indonesia, terlebih lagi namanya yang unik, Toge Production. Walaupun begitu, perusahaan yang sudah berdiri semenjak tahun 2009 ini sudah membuat banyak game-game yang terkenal, salah satunya yaitu Infectonator yang sudah diunduh lebih dari ratusan juta pengguna smartphone di seluruh dunia. Kesuksesan yang diraih oleh Toge Production ini membuat mereka termotivasi untuk mengembangkan game-game yang lebih baik, saat ini Toge Production juga sudah meluncurkan game mereka di platform PC.

Baca juga: Muhammad Ajie Santika, Dari Kecanduan Game Hingga Startup Jutaan Rupiah