Gaya hidup yang semakin sibuk setiap harinya membuat banyak orang harus makan di luar rumah. Padahal gaya hidup sibuk tersebut dapat diimbangi dengan makan sehat yang dapat dimulai dengan memasak bahan makanan sendiri. Namun sayangnya tidak semua orang mampu memasak dengan takaran bahan-bahan segar yang pas. Hal tersebut membuat peluang bisnis baru yang diimbangi dengan munculnya berbagai startup yang menyediakan delivery baik makanan sehat atau bahan makanan yang siap untuk di olah. Berikut beberapa startup yang menyediakan delivery makanan dan bahan makanan sehat di Indonesia.

Baca juga: Muhammad Ajie Santika, Dari Kecanduan Game Hingga Startup Jutaan Rupiah

Berrykitchen

Awalnya, founder Cynthia Tenggara mempunyai hobi mencicipi masakan dari berbagai restoran. Namun karena ia merasa uang yang dikeluarkan tidak setara dengan kualitas yang didapat, ia memutuskan untuk memasak sendiri dan memulai usaha ini. Berry Kitchen memiliki tiga pilihan kategori, yakni katering untuk layanan makan siang, Bento untuk makanan di acara-acara tertentu, dan Snacks untuk aneka makanan ringan. Selain itu, kini menu di startup ini bertambah dengan pilihan menu Ready to Cook bagi pengguna yang ingin memasak sendiri di rumah.

BlackGarlic

Didirikan oleh Olivia Wongso, putri dari tokoh kuliner Nusantara William Wongso, startup ini resmi dipublikasikan pada 12 Mei 2015 lalu. Layanan yang ditawarkan BlackGarlic adalah delivery bahan makanan segar dari industri lokal dengan takaran untuk dua porsi dan pengguna tinggal mengikuti panduan yang disediakan. Layanan ini membidik para penghuni apartemen dan kaum urban yang berkeinginan untuk memasak tapi tidak mempunyai waktu yang memadai dengan menawarkan paket bahan masakan sehat dan mudah. 

PasarMinggu

Pasarminggu merupakan penyedia layanan pesan antar bahan makanan pokok seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan, hingga bumbu dapur. Untuk menjaga kesegarannya, Pasarminggu mengantarkan pesanan keesokan harinya. Selain bahan makanan pokok, Pasarminggu juga menyediakan lauk pauk yang sudah jadi dan jajanan pasar. Pasarminggu sendiri baru melayani pesan antar di seluruh kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

BlekRos Diet

Katering makanan ini menawarkan program diet berkonsep “Diet Mayo Clinic” dengan menu makanan yang beragam. Diet yang dilakukan selama 13 hari berturut-turut termasuk hari Sabtu dan Minggu ini, mampu membantu menurunkan berat badanmu sebanyak tiga sampai delapan Kg. Selain program diet mayo, Blekros juga menawarkan program "Maintenance" untuk Anda yang telah menyelesaikan Blekros diet program, dan tetap ingin menjaga berat badan tetap stabil.

 HappyFresh

Didirikan pada Oktober 2014 dan berkantor pusat di Jakarta, HappyFresh kini juga sudah beroperasi di Malaysia dan Thailand. Nama HappyFresh cukup dikenal di kalangan pelanggan belanja kebutuhan sehari-hari secara online. Perusahaan rintisan (startup) penyedia layanan belanja kebutuhan sehari-hari secara online ini memang yang pertama yang memungkinkan pelanggan bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan sehari-harinya dari supermarket melalui aplikasi mobile dan situs web untuk diantarkan dalam waktu tidak lebih dari 1 jam.

Baca juga: Abidah Syauqina CEO TemanBisnis, Startup Pencatat Keuangan Yang Membidik Pelaku UMKM