Dunia startup sudah berkembang sangat pesat dan menjamah keseluruh bidang. Selain e-commerce, kesehatan, transportasi, makanan dan pertanian, ternyata startup sudah melebarkan ranahnya khusus ke dalam kalangan para ibu rumah tangga. Dengan adanya startup yang merambah ke kalangan ini, membuat setiap ibu rumah tangga dapat lebih mudah dalam menemukan barang untuk keperluan profesi mereka atau bisa juga untuk memasarkan hasil kerja mereka seperti masakan rumahan. Penasaran kan seperti apa? Yuk kita tengok disini. 

Madhang.Id

Madhang.Id merupakan startup yang dibuat oleh putra bungsu dari Presiden Jokowi yaitu Kaesang Pangarep. Madhang merupakan startup yang bertujuan untuk menjual atau memasarkan setiap masakan dari para ibu rumah tangga, yang berbasis di Semarang. Kaesang bersama mahasiswa dari Udinus membuat aplikasi ini untuk memajukan UMKM, ibu-ibu PKK, dan makanan rumahan yang merupakan tantangan dari sang bapak Jokowi. Hanya dengan menggunakan smartphone, para ibu rumah tangga dapat menjual hasil masakan mereka. Aplikasi ini hanya berfokus kepada masakan rumahan dengan skala yang kecil saja. Namun di tahun 2019 ini Madhang akan fokus untuk mengembangkan mitranya melalui pelatihan khususnya dalam hal branding produk.

Dusdusan.com

Dusdusan merupakan sebuah platform e-commerce yang bertugas untuk mensuplai berbagai produk kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya itu saja, Dusdusan juga berperan sebagai mentor bagi para reseller, agar bagi mereka yang belum berpengalaman dalam hal ini bisa mendapatkan pelajaran yang intensif. Dusdusan juga membuat sebuah komunitas reseller online dan merupakan yang terbesar di Indonesia. Dengan didirikannya Dusdusan ini, diharapkan agar dapat mendorong pertumbuhan entrepreneur melalui kalangan ibu-ibu rumah tangga.

Lactashare

 lactashare.id.png

foto: Dok. Lactashare.id

Lactashare merupakan platform pertama yang menjadi penghubung antara pendonor ASI, penerima ASI dan ahli laktasi. Startup ini dibuat oleh seorang dokter Meralda Nindyasti bersama rekannya Rozaq Syamsuddin dengan tujuan agar kebutuhan ASI para ibu menyusui selalu terpenuhi. Lactashare memberikan pelayanan konsultasi laktasi online yang dapat diakses oleh seluruh ibu di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Lactashare juga memberikan screening gratis yang dikhususkan bagi para pendonor ASI.

Homade

homade.id.png

foto: Dok. homade.id

Homade merupakan startup yang dibuat pada bulan Agustus tahun 2017 silam sebagai platform yang menyediakan layanan bisnis catering melalui website dan aplikasi. Homade sendiri memiliki dua mitra yaitu ibu yang berperan sebagai juru masak dan yang kedua ada food assembly. Mitra food assembly adalah penyedia tempat bagi para ibu rumah tangga untuk mereka mengumpulkan hasil masakan mereka. Dan masakan yang akan dimasak oleh para ibu pun harus mengikuti aturan dan ketentuan mulai dari bahan sampai menu yang telah diberikan oleh pihak Homade.

Baca juga: Tatler Rumour Mill Minggu Ini (13 -19 Mei): Gempita Marten, Tasya Farasya, Kaesang Pangarep 

Tags: Business, Startup, Ibu Rumah Tangga