Tas merupakan salah satu fashion item yang yang wajib dimiliki oleh siapa pun, terutama para wanita. Selain menunjang penampilan, tas juga merupakan barang yang dapat dijadikan collectible items. Untuk membeli sebuah tas, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan seperti ukuran, kualitas, dan bentuk. Di tengah maraknya produk tas dari luar negeri, produk tas lokal pun sudah mulai banyak kita temui di berbagai tempat perbelanjaan maupun di toko online. Kulitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, contohnya seperti lima tas lokal buatan Indonesia ini: 

BYO

BYO adalah merek tas lokal yang didirikan oleh desainer Tommy Ambiyo Tedji pada tahun 2010. Hal yang membuat BYO berbeda dengan merek tas lainnya adalah desainnya yang unik dan colorful. Kamu bisa menemukan berbagai macam clutch (tas tangan) dengan bentuk yang edgy dan quirky. Uniknya, tas ini juga dibuat dari Tyvek dan kulit yang membuat teksturnya sangat kenyal dan lembut. Untuk kamu yang hobi mengoleksi tas-tas antimainstream, BYO bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan khawatir, tas ini juga bisa dipakai di acara casual maupun formal. 

Mannequinn Plastic

Bagi kamu yang sedang mencari tas berkualitas dengan harga yang relatif murah, Mannequinn Plastic bisa menjadi pilihan yang tepat. Merek tas asal Bandung ini memproduksi berbagai jenis tas seperti shoulder bag, tote bag atau fanny pack yang terdiri dari beberapa ukuran dan desain. Dengan warna dan kekinian, tas ini sangat cocok untuk kamu yang bejiwa muda dan kreatif. 

Purotti

Jika Mannequin Plastic memiliki desain tas yang colorful dan kekinian, beda halnya dengan Purotti. Brand asal Jakarta yang dibangun pada tahun 2014 ini menawarkan berbagai pilihan tas yang lebih formal dan terbuat dari kulit sapi asli dengan desain elegan. Bagi kamu yang sedang mencari tas untuk melengkapi tampilan formalmu, Purotti bisa menjadi pilihan yang tepat. 

KAYNN

Tidak hanya Purotti, merek lokal asal Bandung, KAYNN, juga memproduksi tas yang terbuat dari kulit asli. Meskipun bentuknya sangat sederhana, tas KAYNN ini memerlukan waktu yang cukup lama karena pembuatannya yang rumit. Selain dijual Indonesia, tas koleksi KAYNN juga dia ekspor keluar negeri lho! Beberapa di antaranya adalah Australia, Jepang, dan Dubai.

DOWA

Berbeda dengan merek lainnya, brand asal Jogjakarta ini merupakan salah satu pelopor tas rajut di Indonesia. Dengan desain dan warna yang sangat kekinian, tas koleksi DOWA juga 100% dirajut dengan tangan sehingga tidak heran jika harganya cukup mahal. 

Baca juga: Tidak Hanya Brand Luar, 5 Brand Sneakers Lokal Ini Juga Tidak Kalah Bagus

Tags: Fashion Indonesia, Fashion Lokal, Tas Lokal, Merek Lokal, Tas Lokal Indonesia