Abad ke-21 ini merupakan abad dimana perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan teknologi ini bahkan merambah ke berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya dalam hal teknologi fashion.

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya ketika teknologi bertemu dengan fashion? Atau membayangkan ketika teknologi menjadi sesuatu yang bisa kamu pakai (wearable teknologi) dalam bentuk pakaian? Dengan menggabungkan gaya dan fungsionalitas, berikut penemuan-penemuan teknologi terbaru dan terunik dalam bidang fashion yang perlu kamu ketahui. 

BB. Suit

BBsuit-Thijs-3.21.jpgsource: via want.nl

Didesain oleh Borre Akkersdijk, seorang pengembang tekstil asal belanda yang membuat purwarupa yang memiliki WiFi, GPS, NFC, dan Bluetooth yang akan membuat si pemakai menjadi hotspot dengan kemampuan streaming MP3. Semua kabel-kabel tentunya tidak akan melukai si pemakai, karena sudah dilapisi dengan dua lapis katun untuk melindungi dari kabel tembaga, membuat si pemakai menjadi lebih nyaman saat menggunakan setelan ini.

Wearable Solar Fashion

Wearable-Solar-by-Pauline-van-Dongen_dezeen_7.jpgsource: via dezeen.com

Pakaian satu ini akan cukup berguna untuk para minimalis di luar sana. Panel solar kristal sudah terpasang pada kulit yang berada di atas pundak jaket dan pinggang dimana mereka akan terlihat jika terkena sinar matahari dan akan menutup jika tidak ada sinar matahari. Ketika pakaian ini digunakan di bawah sinar matahari selama satu jam, pakaian ini bisa menyimpan energi untuk mengisi baterai smartphone hinggai 50%.

Unspun

Menjadi salah satu inovasi yang paling menonjol pada penghargaan The Global Change tahun 2017, Unspun memanfaatkan teknologi dengan menggunakan mesin untuk membuat celana jeans langsung setelah mengambil ukuran dari pemesan menggunakan teknologi 3D. Tidak hanya itu, semua bahan-bahan yang dibuat dengan mesin ini bisa digunakan ulang dan dibuat menjadi celana jeans baru, yang berarti tidak menghasilkan sampah atau sisa-sisa.

Power Suit

superflex-yves-behar-and-fuseproject-design-fashion-elderly_dezeen_2364_col_9-852x568.jpgsource: via dezeen.com

Untuk membantu para lansia yang memiliki masalah otot, founder Fuseproject, Yves Béhar memiliki ide bernama power clothing yang bertujuan membantu para lansia. Pakaian ini membantu si pengguna untuk berjalan, berdiri dan tetap bisa beraktivitas untuk waktu yang cukup lama.

ECOALF Shao

ECOALF adalah salah satu brand asal Spanyol yang dikenal dengan komitmennya terhadap menjaga lingkungan. Hal ini dapat dilihat dengan rilisnya salah satu sepatu dari ECOALF, yaitu Shao, sepatu yang dibuat menggunakan bahan-bahan seperti plastic dan algae. Setiap sepasang sepatu ini sama dengan lima botol plastik yang diambil dari laut Mediterania yang kemudian diolah menjadi benang.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Teknologi Blockchain Dapat Membuat Industri Fashion Menjadi Lebih Transparan