Bali terkenal dengan kecantikan alaminya yang tiada hentinya membuat takjub para pengunjungnya, walaupun begitu Bali juga memiliki masalah lingkungan yang harus diselesaikan, sampah plastik yang menjadi masalah utama. Untuk melihat bisnis-bisnis lokal yang bergerak untuk mengurangi masalah lingkungan yang Bali miliki merupakan tahap baru untuk membersihkan Bali terutama dari sampah plastik.

Memang untuk menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan dalam kehidupan kita tidak mudah, namun beberapa brand seperti ini membuat menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan terlihat bagus. Berikut ini brand-brand yang menyediakan produk-produk ramah lingkungan mereka.

Ananda Soul

Brand perhiasan yang bergaya boho ini terletak di Ubud, Ananda Soul berfokus pada produksi yang etis, bayaran yang adil, menjual pakaian menggunakan katun organik, pengemasan barang yang ramah lingkungan, dan berusaha untuk tidak menggunakan hal-hal yang merusak lingkungan. Untuk desain, mereka memiliki pilihan yang cukup beragam untuk kalung dan cincin, terlebih lagi semuanya cocok untuk dipakai dan menunjukkan cintamu terhadap lingkungan.

Avani

Brand satu ini sudah cukup terkenal karena sempat viral di internet. Bali terkenal memiliki masalah dengan sampah-sampah plastik. Untuk mengatasi masalah sampah ini, Avani mengambil plastik, sedotan, gelas plastik, dan Styrofoam dan membuat mereka menjadi biodegradable. Produk-produk yang mereka buat akan hilang dalam waktu tiga sampai enam bulan tanpa meninggalkan sisa-sisa yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, plastik mereka juga aman dimakan untuk hewan-hewan dan bahkan bisa diminum jika dimasukkan kedalam air panas.

EcoBali Recycling

Untuk mendorong masyarakat membiasakan hidup tanpa sampah, EcoBali didirikan pada tahun 2006 untuk membantu melawan dengan masalah sampah di Bali. Selain memberikan pengetahuan pada murid dan guru di sekolah, mereka juga memberikan pelatihan ramah lingkungan pada masyarakat dan pengelola bisnis. Selain itu, organisasi ini juga membantu mendaur ulang ribuan sampah.

Dalam online store-nya, kamu dapat membeli barang-barang yang eco-friendly, mulai dari gelas upcycled, tas yang ramah lingkungan untuk berbelanja. Kalau kamu juga tertarik, EcoBali juga menyediakan sistem pembuangan sampah di rumahmu.

Eleven44

Untuk kamu yang menyukai olahraga atau rajin ke gym, kamu bisa mencoba pakaian dari brand yang sudah berumur 10 tahun ini. Pakaian yang dibuat menggunakan eco-textile ini menghindari penggunaan produksi katun, membuat pakaian mereka dibuat menggunakan tangan dengan kuantitas yang sedikit. Mereka memiliki produk dengan gaya klasik mulai dari yoga, pakaian santai, dan pakaian renang yang tentunya sangat nyaman dipakai. Selain itu pakaian ini sangat mudah untuk dipakai.

Indigo Luna

Brand yoga dan pakaian renang yang ramah lingkungan yang terinspirasi dengan gaya Scandinavia yang minimalis, Indigo Luna menghadirkan gaya hidup yang ramah lingkungan dengan produk-produknya yang ramah dikantong dan desain yang down-to-earth. Dengan menggunakan material seperti bambu organik, tekstil yang terbuat dari nilon yang didaur ulang dari sampah-sampah di tanah dan lautan, termasuk jaring untuk ikan dan karpet-karpet tua. Kamu bisa melihat koleksi yang mereka keluarkan mulai dari atasan hingga celana yoga.

Indosole

Semenjak rilisnya di tahun 2009, Indosole sudah tersebar luas di Bali bahkan hingga Amerika Serikat. Sama seperti brand lainnya, tujuan dari Indosole adalah untuk mengurangi polusi Indonesia dengan menggunakan sampah-sampah seperti ban yang butuh ribuan tahun untuk mengurai dan menggunakan karet-karet yang didaur ulang sebagai sol. Selain menghasilkan sandal, mereka juga menghasilkan alas kaki lainnya yang dibuat dengan tangan dan kebanyakan menggunakan material seperti kanvas organik, daun pisang, dan rumput.

Kou Bali

Kou Bali memiliki produk sabun yang wangi, organik, natural, dan secara individual dibuat dengan tangan menggunakan minyak kelapa dan tanaman yang tumbuh. Sabun-sabun ini tidak menggunakan bahan pengawet apapun, jadi kalau kamu ingin menggunakan ini perhatikan batas waktu pakainya. Mereka menyediakan sabun-sabun biasa dengan wangi melati atau jeruk, kemudian mereka memiliki produk premium seperti tuberose dan frangipani, dan juga mawar putih.

La Boheme

Semenjak pertama rilisnya ditahun 2011, brand yang berasal dari Ubud ini sudah mendesain pakaian yang sederhana dan minimalistik yang dibuat dengan menggunakan tenun tangan dan diwarnai dengan pewarna alami yang diambil melalui bunga, buah, dan daun. Selain ramah lingkungan, pakaian ini juga memiliki kenyamanan yang cukup baik, terutama dengan cuaca di Bali.

Sensatia Botanicals

Salah satu brand perawatan badan dan wajah asal Bali yang sudah cukup terkenal yang menggunakan bahan-bahan organik dan natural. Sensatia Botanicals didirikan 18 tahun yang lalu disebuah desa bernama Jasri. Hingga saat ini, produk perawatannya sudah mensuplai beberapa hotel berbintang lima di Bali, jika kamu tertarik dengan produk ini kamu bisa mencarinya di beberapa toko retailnya di Jakarta atau Bali.

Surfyogis

Dibuat oleh peselancar untuk peselancar, dan semua orang yang ingin menghabiskan waktunya dibawah teriknya matahari. Brand sunscreen yang ramah lingkungan ini dibuat tentunya menggunakan bahan-bahan natural yang ramah lingkungan, sebagai alternatif dari brand-brand yang dapat ditemukan di toko kecantikan terdekat. Produk ini bertahan cukup lama dan sudah dibuktikan untuk berselancar di beberapa tempat, seperti Indonesia, Hawaii, dan Australia. Surfscreen Zinc-nya mengandung bahan-bahan seperti coklat, lilin lebah, dan minyak kelapa.

Baca juga: 5 Brand Yang Memproduksi Produk Ramah Lingkungan Di Jakarta