Menyusul kesuksesannya tahun lalu, perhelatan mode Fashion Rhapsody pun kembali resmi digelar tahun ini pada Rabu (27/02/2020) yang lalu, kali ini dengan bertajuk “Harmoni Bumi”.

FR 1.jpg

Foto: Dok. Fashion Rhapsody

Tidak hanya sebagai ajang di mana para perancang mode lokal dapat menampilkan karya dan keahlian mereka, acara ini juga menyuarakan kepedulian terhadap alam. Melalui tajuk acara “Harmoni Bumi”, keempat penggagas Fashion Rhapsody, yaitu Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara, dan Yulia Fandy, ingin mengajak para desainer mode lain untuk turut mengindahkan hal baik terhadap bumi.

Namun, berbeda dari acara mode lainnya, gelaran mode ini memiliki empat tema berbeda tiap harinya yang diadaptasi dari alam. Empat tema tersebut meliputi Savana, Silk Lagoon, Secret Forest, dan Wysteria, di mana keempat tema ini merepresentasikan kondisi alam yang berbeda-beda.

FR 3.jpg

Foto: Dok. Fashion Rhapsody

Contohnya, tema Savana merepresentasikan kondisi tanah yang kosong dan belum ditanami apapun, sedangkan tema Silk Lagoon merepresentasikan padang rumput yang mulai dihuni kehidupan. Kemudian, tema Secret Forest menggambarkan kondisi bumi yang sudah rusak akibat ulah manusia, dan tema Wysteria merepresentasikan alam yang kembali tumbuh.

Pengangkatan tema-tema ini juga sekaligus untuk mengajak para penonton untuk berbuat sesuatu untuk melestarikan alam meski dari hal yang sederhana sekalipun, seperti mengurangi pemakaian plastik.

FR 2.jpg

Foto: Dok. Fashion Rhapsody

Kepedulian terhadap alam pun tidak hanya ditunjukan melalui gelaran mode, namun juga berbagai kegiatan lain yang dapat dinikmati di Fashion Rhapsody tahun ini, seperti misalnya pengunjung akan diajak untuk menggunakan kantong ramah lingkungan ketika berbelanja di gerai-gerai tersedia. Tidak hanya itu, ada juga gerai yang menawarkan produk busana dari bahan daur ulang.

Harmoni Bumi resmi digelar selama empat hari hingga tanggal 29 Februari 2020, dan dapat dikunjungi di The Tribrata, Jakarta.

Baca juga: 5 Kolaborasi Ikonik James Bond Dengan Berbagai Label Mode Ternama

Tags: Fashion, Harmoni Bumi, Fashion Rhapsody