Screen Shot 2019-07-10 at 6.59.46 PM.png

Dok. foto: Iris van Herpen

Peragaan busana mewah Paris Fashion Week baru saja digelar pada tanggal 30 Juni hingga 4 Juli lalu di Élysée Montmartre, Paris. Salah satu koleksi yang menarik perhatian para fashionista adalah rancangan dari Iris van Herpen, perancang mode asal Belanda yang dikenal dengan karyanya yang unik dan sarat akan perpaduan teknologi terkini. Gabungan antara desain couture yang artsy dengan teknologi digital ini diberi judul 'Hypnosis.'

Sesuai dengan tema dari koleksinya, Iris tidak hanya menampilkan rancangan yang unik. Pada musim tahun ini perancang berusia 35 tahun ini berkolaborasi dengan pengukir kinetik asal Amerika Serikat, Anthony Howe. Terkenal dengan karyanya yang berjudul 'Gargantuan', seni patung yang berbentuk seperti kincir, Howe memberikan sentuhan teknologi yang unik dan elegan dalam setiap koleksi Iris. 

Screen Shot 2019-07-10 at 7.00.09 PM.png

Foto dok: Iris van Herpen

Pada pertunjukan fesyenya, Iris memamerkan 19 busana yang beberapa diantaranya dapat digerakkan dengan angin. Menariknya lagi, busana rancangan Iris ini juga dibuat dengan teknik Japanese floating ink yang bernama Suminagashi. Teknik ini dikenal dapat menciptakan garis-garis lentur yang mirip seperti air yang beriak. 

Yang menarik dari koleksi van Herpen ini ialah gaunnya dibuat dengan teknik Japanese floating ink yang bernama Suminagashi, teknik ini dapat menciptakan garis-garis yang memberikan kesan seperti air yang beriak.

Screen Shot 2019-07-10 at 7.02.01 PM.pngFoto dok: Iris van Herpen

Pada salah satu wawancaranya dengan media internasional, Iris mengatakan bahwa koleksinya ini merupakan visualisasi dari alam sebagai simbol dari siklus kehidupan yang berhubungan dengan laut, bumi dan udara. 

Bahan yang digunakan oleh Iris juga sangat berkualitas dan unik. Untuk koleksi musim ini, dirinya menggunakan bahan alumunium dan stainless steel yang dilapisi dengan kain ruffled yang membuatnya terlihat seperti awan yang bergerak perlahan. Bahan laser cut pun juga ia kenakan dalam desainnya yang mirip seperti sayap malaikat.

Baca juga: Monica Ivena Brings Your Dreamy Wedding Celebration To Life With Latest Collection

Tags: Designer, Fashion, Haute Couture, Iris Van Herpen, Paris Couture Week