Setelah sukses menggelar ajang fashion week tahun lalu, Indonesia Fashion Week (IFW) akan kembali di gelar pada April 2020. Di inisiasi oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), pegelaran fashion terbesar di Indonesia ini akan mengangkat kembali kekayaan budaya Kalimantan untuk kedua kalinya setelah mengusung tema yang sama pada tahun lalu. 

Ketua umum APPMI dan presiden IFW Poppy Dharsono mengungkapkan tema budaya Kalimantan yang diangkat ini merupakan komitmen nyata APPMI demi kemajuan dan pengembangan promosi khasanah Indonesia. Menurutnya, Kalimantan merupakan wilayah yang memiliki budaya yang sangat beragam dan seperti tak pernah habis untuk di eksplorasi. 

Softlaunch IFW.4.jpg

Sumber: Dok. Indonesia Fashion Week

Dengan mengambil tema “Tales of the Equator” - Treasure of the Magnificent Borneo, APPMI bertujuan untuk memperkenalkan budaya Kalimantan, seperti budaya suku Dayak, Kutai, dan Banjar, ke mata dunia.

Budaya-budaya ini akan ditampilkan melalui karya-karya dari berbagai desainer ternama dalam beberapa kategori fashion, yaitu ready to wear, conventional, kontemporer, hingga modest fashion. Di sini, keragaman budaya Kalimantan disatukan dengan identitas modern untuk melahirkan karya-karya yang mengagumkan.

Beberapa desainer ternama yang akan berpartisipasi dalam ajang fashion ini meliputi Ivan Gunawan, Ida Royani, Naniek Rachmat, dan Misan Kopaka.

Softlaunch IFW.3.jpg

Sumber: Dok. Indonesia Fashion Week

Poppy juga mengungkapkan bahwa pengangkatan tema ini adalah komitmen APPMI untuk mengembangkan promosi kekayaan Indonesia. Tidak hanya itu, IFW juga diadakan untuk melindungi budaya dan sejarah Indonesia dan diharapkan juga dapat menggerakkan ekonomi terutama bagi para pengrajin.

Untuk menciptakan industri fashion yang berkelanjutan, APPMI juga bekerja sama dengan Indonesia Global Compact Network (IGNC), aliansi dari United Nations, untuk mendukung industri fashion ramah lingkungan di Indonesia dikarenakan industri fashion merupakan industri kedua terbesar yang paling banyak mengkonsumsi air dalam proses produksinya.

Baca juga: 6 Kolaborasi Mode Terbaru Untuk Melengkapi Gayamu

Tags: Indonesia Fashion Week, Fashion Week, Kalimantan, IFW, Budaya