Brand Ahikoza terkenal dengan tas berbahan exotic skins dengan kualitas yang patut untuk diacungi jempol. Kerajinan tangan bernilai tinggi yang ada pada setiap desainnya membuat setiap item dari Ahikoza berharga untuk dikoleksi para kolektor. Namrata Dudaney, pendiri brand Ahikoza, dengan senang berbagi dengan Indonesia Tatler mengenai proses pembuatan tas-tas Ahikoza dan inspirasi di balik desainnya.

Terinspirasi dari lingkungan sekitar 
julianaminaudiere1.jpg

Ketika hendak membuat kreasi Limited Edition, Namrata mengungkapkan bahwa ia mendapat inspirasi dari mana saja. Bisa dari perjalanan travelling-nya, gaya arsitektur yang ia kagumi, dan gaya khas temannya yang ia suka. Dari situlah Namrata mengembangkan inspirasinya tersebut menjadi suatu karya Limited Edition. Selama dua tahun terakhir ini, sudah ada beberapa koleksi Limited Edition yang sudah diluncurkan.

 Bentuk Asimetris yang Unikrachelfoldover1.jpg

Tas Ahikoza juga dikenal dengan bentuk asimetris yang menambah keunikan pada desainnya. Terinspirasi dari gaya arsitektur yg Namrata kagumi, setiap desain dari tas Ahikoza dibuat dengan kerajinan tangan dengan tingkat kerumitan yang tinggi, dimana setiap milimeter dari tas Ahikoza merupakan buatan tangan para seniman. Oleh karena itu, setiap tas membutuhkan waktu pengerjaan 4-5 minggu hingga menjadi tas exotic skins bermutu tinggi.

Terinspirasi dari Teman Terdekat
1560504259474.jpg

Tidak hanya desainya yang unik, Namrata pun juga mengatakan bahwa setiap lini produknya dinamai setelah teman dekatnya seperti Carol Kumala, Juliana Kumala dan Rachel Nathani. “Saya terinspirasi dengan nilai-nilai yang mereka miliki dan juga gaya pribadi mereka yang unik. Merupakan kehormatan bagi saya untuk membantu medesain koleksi ini,” jelas Namrata. Praktis, elegan dan kasual adalah ketiga kriteria yang dapat dilihat di setiap koleksi Ahikoza yang dirancang oleh para shabatnya ini. 

Tas Favorit
AHIKOZA_68809_copy1.jpg

Bagi Namrata sendiri, model Madison Minaudiere merupakan tas favoritnya. "Tas ini menggambarkan ciri khas saya sendiri," ungkapnya. Dengan warnanya yang cerah, tas ini begitu cantik dan pas untuk acara siang maupun malam. Tas ini pula yang sering terlihat di berbagai acara red carpet dan merupakan desain yang paling banyak diidamkan para pelanggan Ahikoza.

Dipakai Artis Mancanegara
1560503594319.jpg

Berbicara soal red carpet, Ahikoza juga sudah banyak dipakai oleh selebritis Hollywood dan Bollywood seperti Brittany Snow, Nikki Reed, Kareena Kapoor, dan Alia Bhatt. Namrata mengatakan bahwa kunci kesuksesannya ini terletak pada kualitas produk yang bermutu serta kekuatan identitas dari brand Ahikoza ini sendiri. 

Rencana Kolaborasi
SierraMinaudiere.jpg

Selain itu, Namrata juga sedang mempersiapkan brand-nya untuk berkolaborasi, salah satunya dengan desainer India ternama Arpita Mehta. Kolaborasi ini menjajaki sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, yaitu kombinasi antara bentuk bernuansa tradisional dengan exotic skins. Tahun ini, Namrata dan Arpita Mehta akan mengadakan trunk show yang akan mempersembahkan kreasi kolaborasi mereka berdua.

Tips Merawat Tas Kulit dengan Baik
carolinabucketbag3.jpg

Terakhir, Namrata membagikan tips untuk merawat barang-barang berbahan kulit, terutama tas. Ia menyarankan untuk menyimpan tas di tempat yang sejuk dan redup serta terhindar dari cahaya matahari atau pencahayaan yang terlalu terang lainnya. Saat pencucian, hindarkan tas dari mesin pemanas seperti blow-dryers dan semacamnya karena akan membuat kulit tas menjadi kering dan sisiknya pun akan lebih cepat terkelupas. Untuk menjaga bentuk tas dan menghindarkan dari debu dan noda, simpan tas di dalam kantong anti debu dengan isian yang lembut seperti busa.