Industri mode saat ini tampaknya memang sedang beralih menuju industri yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari survei yang telah dilakukan oleh Morning Consult terhadap 2000 penduduk Inggris dan Amerika pada September lalu. 

Dilansir dari Vogue Business, hasil survei menunjukkan bahwa minat dan tanggapan konsumen terhadap bahan kulit semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir ini. Sekitar 37% penduduk Inggris dan 23% penduduk Amerika melihat bahan kulit sebagai bahan yang tidak pantas digunakan dalam produksi mode.

leather-768245_1920.jpg

Sumber: Pixabay

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Sudah ada beberapa rumah mode ternama di dunia yang menolak menggunakan bahan bulu binatang dalam produk-produknya, contohnya adalah Prada dan Gucci. Belum lama ini pun, California baru saja menjadi negara bagian AS pertama yang melarang penggunaan bulu binatang. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin jika bahan kulit menjadi material selanjutnya yang tersingkirkan demi industri mode yang berkelanjutan.

Sehubungan dengan hal ini, bahan vegan leather bisa menjadi pertimbangan sebagai alternatif lain alih-alih menggunakan bahan kulit. Meski produk luxury fashion berbahan vegan leather belum mendapat pengakuan yang besar, nyatanya sudah ada beberapa label fashion ternama yang menerapkannya.

Dilansir dari Vogue Business, dalam dua tahun terakhir jumlah produk fashion vegan di toko-toko yang ada di Inggris telah meningkat sebanyak 180%. Brand asal Prancis, Veja, juga telah sukses meluncurkan versi vegan dari sneaker V-10 miliknya yang terbuat dari limbah jagung.

Sayangnya, banyak juga brand yang memilih untuk menggunakan polyurethane and PVC leather yang juga dianggap sebagai vegan leather. Meski tidak menggunakan kulit binatang dan kerap dianggap vegan, nyatanya kedua material ini terbuat dari bahan-bahan yang tidak bisa terurai, sehingga bukan merupakan solusi ramah lingkungan jika dibandingkan dengan vegan leather yang terbuat dari limbah tanaman atau plastik daur ulang.

Baca juga: California Menjadi Negara Bagian AS Pertama Yang Melarang Penggunaan Bulu Pada Industri Mode

Tags: Bulu Binatang, Vegan Leather, Industri Mode, Fashion Berkelanjutan, Kulit Binatang