Sejak berhasil meraih medali emas pada ajang Asian Games 2018, nama Aqsa Sutan Aswar kerap menjadi pembicaraan, terlebih dalam bidang olahraga jetski. Oleh karena itu, jika kamu penasaran, yuk kenali sosok Aqsa lebih lanjut melalui 4 fakta di bawah ini!

1/4 Memiliki Keluarga Yang Bergerak Di Bidang Olahraga

1.jpg

Sumber: Instagram Aqsa Aswar

Bukan rahasia lagi kalau Aqsa memiliki seorang kakak laki-laki yang juga merupakan atlet jetski profesional. Namun, selain itu, kedua kakak beradik ini juga memiliki seorang ayah bernama Saiful Sutan Aswar, yang merupakan seorang penggiat olahraga dan juga merupakan sosok yang mengenalkan mereka pada dunia jetski. Bahkan saiful juga menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA).

2/4 Cucu Dari Seorang Pahlawan Kemerdekaan

2.jpg

Sumber: Instagram Aqsa Aswar

Aqsa juga memiliki darah seorang pejuang kemerdekaan mengalir dalam tubuhnya. Bersama dengan Aero, keduanya merupakan cucu dari Sutan Aswar, yang merupakan seorang pejuang kemerdekaan dan juga salah satu pendiri Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

3/4 Sudah Menjadi Atlet Profesional di Usia 14 Tahun

3.jpg

Sumber: Instagram Aqsa Aswar

Di usia yang terbilang masih muda, ternyata Aqsa sudah resmi menjadi seorang atlet jetski profesional. Saat masih berusia 14 tahun, Aqsa mengikuti kompetisi jetski pertamanya, yaitu Canadian Watercross Nationals di Kanada, dan berhasil keluar sebagai pemenang dalam kategori Pro Runabout Limited dan Expert Runabout Limited.

4/4 Memiliki Prestasi Jetski Tingkat Dunia

4.jpg

Sumber: Instagram Aqsa Aswar

Selain berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi Canadian Watercross Nationals, karir Aqsa dalam dunia jetski semakin berkembang. Pada 2018, Aqsa juga menjadi juara dalam ajang Jet Ski World Cup 2018. Tidak hanya itu, tapi belum lama ini yaitu pada September 2019 yang lalu, Aqsa juga menjuarai turnamen P1 Aquacross yang bertempat di AS.

Baca juga: Mengenal Aries Susanti Rahayu, Sang Pemecah Rekor Dunia di Cabang Olahraga Panjat Tebing

Tags: Jetski, Aero Sutan Aswar, Atlet Indonesia, Aqsa Sutan Aswar