Apakah kamu gemar dengan olahraga tinju? Jika iya mungkin kamu pernah mendengar nama yang satu ini. Ya, Raja Sapta Oktohari. Selain menjadi promotor tinju yang sukses, sekarang namanya makin dikenal orang sejak dirinya diketahui menjadi Ketua Umum dalam penyelenggaraan Asian Para Games 2018 lalu. Jadi seperti apa sih sosok seorang Raja Sapta Oktohari ini? Yuk cek di sini 5 faktanya.

Anak politikus terkenal dan lulusan luar negeri

Usut punya usut, ternyata Raja Sapta Oktohari bukan berasal dari latar belakang yang sembarangan. Diketahui bahwa Raja Sapta adalah salah satu anak dari politikus dan salah satu orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia yaitu Oesman Sapta Odang atau OSO. memiliki keluarga yang cukup mapan membuat Raja Sapta memiliki kesempatan untuk mendapat pendidikan yang layak. Setelah lulus dari SMA, Raja sempat berkuliah di Universitas Padjajaran dan juga Oklahoma City University.

Pernah membuka bisnis sendiri

Memiliki ayah seorang pengusaha sukses membuat Raja memiliki hidup yang layak sejak kecil. Namun hal itu tidak membuatnya menjadi manja dan tidak mau berusaha. Selesai kuliah, Raja sempat membuka bisnis garmen di Tanah Abang dan hal ini merupakan saat dimana dirinya merasa bahwa bisnis adalah passionnya.

Menjadi bos dari anak perusahaan milik sang ayah

Berbekal ilmu bisnis dan pengalamannya dalam mengelola bisnis, Raja Sapta Oktohari dipercaya oleh sang ayah untuk memegang peranan penting dalam perusahaan miliknya. Mulai dari bidang pertambangan, perkebunan, perikanan, transportasi, komunikasi dan perhotelan menjadi area dimana pria kelahiran Jakarta ini mengembangkan kemampuannya.

Berperan penting pada saat acara Asian Para Games 2018 dan sekarang menjadi ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia 

Satu momen dimana nama Raja Sapta Oktohari menjadi dikenal banyak orang adalah pada saat dirinya ditunjuk untuk menjadi Ketua Umum atau Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018. Berkat kerja keras dan kepiawaiannya, Asian Para Games dapat berjalan dengan baik dan sukses pada tahun 2018 lalu. Sekarang, Raja Sapta menjabat sebagai President dari Indonesia Cycling Federation dan Vice President dari Asian Cycling Federation. 

Kerap mendapat penghargaan atas kerja kerasnya

Tidak hanya menjadi seorang pengusaha sukses, Raja Sapta Oktohari juga dikenal sebagai seorang promotor tinju yang sukses. Pada tahun 2010, pria berusia 43 tahun ini pernah menjadi promotor dalam pertandingan Chris John melawan Fernando Saucedo. Kemampuannya menjadi promotor membuat dirinya mendapat gelar Asian Promoter of The Year 2011 oleh World Boxing Association (WBA) sekaligus sebagai promotor tinju termuda di dunia.

Baca juga: Who Is Oesman Sapta Odang? Everything You Need To Know About OSO

Tags: Oso, Raja Sapta Oktohari, Oesman Sapta Oedang, Promotor Tinju, Tinju