Untitled design.png

Tidak ada tubuh yang tidak sempurna. Hanya ada kata-kata tidak sempurna tentang persepsi orang mengenai tubuh kita yang seharusnya tidak perlu dilontarkan. Lima selebriti ini bisa menginspirasi kita untuk melawan body shaming.


Chrissy Teigen

Supermodel satu ini pernah mendapat pengalaman tidak menyenangkan perihal body shaming. Hal ini terjadi saat warganet mengomentari tubuhnya saat sedang memakai baju renang dan bersantai di hot tub bersama suami dan anak-anaknya saat sedang berlibur ke Italia. Ia pun membalas komentar negatif ini di akun Twitternya, “f*ckin lames wouldn’t be able to stop blabbering if I got my ass done either. Bored as all hell, never can win!” Teigen juga berpendapat bahwa ia tidak merasa tertekan dengan segala komentar body shaming terhadapnya, namun ia menolak untuk tinggal diam. Ia pun merasa bahwa ia nyaman dengan bentuk tubuhnya pascamelahirkan dan memilih untuk menikmati momen bersama keluarganya tanpa harus memikirkan komentar-komentar negatif tentang tubuhnya.

 

Selena Gomez

Pelantun lagu "Kill Em with Kindness" ini benar-benar membalas komentar body shaming terhadapnya dengan kebaikan! Keadaan Gomez yang sedang dalam proses pemulihan dari penyakit lupus yang membuat berat tubuhnya mudah naik-turun tidak menghalangi berbagai komentar negatif terhadap tubuhnya untuk bermunculan. Namun, ia membalas komentar-komentar negatif ini dengan kata-kata bijak yang membahas tentang “the beauty myth”, yang ia deskripsikan sebagai “obsesi terhadap kesempurnaan fisik” di akun Instagramnya. Gomez pun menambahkan lagi, “I chose to take care of myself because I want to, not to prove anything to anyone.Mindset ala Selena ini sangat bagus untuk kita tanamkan kepada diri kita sendiri.

 

Lady Gaga

Para body shamer juga tidak melewatkan penyanyi unik dan spektakuler ini. Setelah penampilannya yang memukau di Super Bowl Halftime Show, komentar body shaming yang mengatakan dirinya “gemuk” saat pertunjukan pun bermunculan, terutama saat ia memakai kostum yang memperlihatkan bagian perutnya. Namun, dengan tenang Lady Gaga membalas komentar-komentar ini dan menyatakan bahwa ia tetap bangga dengan tubuhnya. Ia bahkan mendorong orang lain untuk berpikiran yang sama terhadap tubuh masing-masing, siapa pun dia dan apapun yang ia lakukan. “Be you, and be relentlessly you. That's the stuff of champions,” begitu nasihatnya.

 

Ruby Rose

Tidak hanya kata “gendut”, kata-kata “terlalu kurus” pun juga menjadi komentar yang sering dilontarkan kepada banyak figur publik. Salah satunya adalah model dan aktris Ruby Rose yang pernah dikatai “anoreksik” oleh sejumlah komentar di internet. Ia pun tidak tinggal diam. Rose mengunggah foto komentar tidak sedap terhadap tubuhnya tersebut di akun Instagramnya dan menyuarakan pendapatnya. Ia mengatakan bahwa body shaming membuatnya frustrasi. “I hate it because it worries fans or shames them. I hate it because it uses no logic and basically is just someone projecting their experience and expectations on others,” katanya. “My body is just my body. It fluctuates and it changes depending on how hard I train,” tambahnya lagi.

 

Kim Kardashian

Tidak hanya sekali atau dua kali, bintang reality show ini kerap kali jadi bulan-bulanan para body shamer. Namun, ia tidak takut dengan berbagai komentar negatif tentang tubuhnya dan tetap percaya diri dengan apa yang ia pahami tentang tubuhnya. “I am empowered by my body. I am empowered by my sexuality. I am empowered by feeling comfortable in my skin,” begitu ungkapnya. 


Baca juga: 5 Penulis Wanita yang Berhasil Mendobrak Batas Gender 

 

 

Tags: Kim Kardashian, Selena Gomez, Feminism, Lady Gaga, Women Empowerment, Chrissy Teigen, Body Shaming, Ruby Rose, Body Positivity