Sering melihat sang ibu melakukan pekerjaannya sebagai penjahit, bermain pola, memilah-milah lembaran bahan hingga mendesain, menjadikan Diela Maharanie peka terhadap dunia tekstil. Ditambah dengan bakat dan kegemarannya dalam menggambar membuat perempuan kelahiran tahun 1983 ini memiliki kemampuan dan sesitifitas lebih untuk menciptakan sebuah karya seni. Ia pun memanfaatkan keahliannya dalam menjahit dan menyulam dan mengimplementasikannya ke dalam lukisannya. Menjadi seniman yang banyak dikenal orang seperti sekarang ini tentunya ia pun harus menempuh jalan panjang yang berliku. Yuk tengok perjalanan karir Diela berikut ini. 

Beralih dari Akuntan menjadi Ilustrator

d1.jpgfoto: Dok. manual jakarta

Diela Maharanie adalah seorang ilustrator asal Indonesia yang awalnya merupakan mahasiswa dari jurusan akuntansi di sebuah universitas di Jakarta. Menginjak 14 tahun berkarya, kini ia dikenal sebagai salah satu seniman muda dalam negeri yang bertalenta. Karya ilustrasinya berciri khas toko perempuan, dengan sentuhan warna cerah, ceria dan berani, yang pastinya cocok untuk anak muda. Sebelum mendalami karir sebagai ilustrator pada tahun 2005, Diela pernah bekerja di salah satu perusahaan retail dan menjabat sebagai akuntan selama 1 tahun. 

Tidak memiliki latar belakang seni

Diela mengaku bahwa menggambar adalah sesuatu yang sangat ia sukai sedari kecil. Mengenal gambar saat dirinya mengikuti les ketika duduk di bangku SD, ketertarikkannya terhadap seni pun mulai terbangun. Dalam wawancaranya dengan salah satu media lokal, perempuan lulusan akuntansi ini mengatakan bahwa ia tidak pernah berpikir bahwa menjadi seorang ilustrator adalah masa depannya. Selain itu, ia juga mengaku bahwa ia melakukan semuanya secara otodidak, mulai dari melukis hingga mengulik medium ilustrasi. 

Inspirasi Diela Dalam Berkarya

d3.jpg

foto: Dok. living loving

Dikenal dengn karya seninya yang mempunyai karakter unik, Diela kerap menggabungkan pola acak yang beragam serta warna-warna yang cerah dan ceria. Sebagai penggemar band The Beatles, ia kerap mendapatkan inspirasi melalui jenis musik dan lirik lagu dari band legendaris tersebut. Tidak hanya itu, inspirasi lain juga didapatnya melalui buku-buku dengan cerita fantasi seperti His Dark Materials Trilogy, Alice in Wonderland dan DC komik. 

Seorang ilustrator berprestasi 

d4.jpgfoto: Dok. nasbahry gallery 

 Melalui karya-karyanya yang unik, Diela telah mengharumkan nama bangsa di ranah seni dunia. Salah satu karyanya pernah diterbitkan oleh majalah swasta di Meksiko. Karya tersebut dinilai sangat inspiratif baik dari bentuk, warna dan polanya. Selain itu, ia juga pernah bekerja sama dengan Instagram dengan membuat stiker. Pada tahun 2010 ia pun terpilih untuk mengikuti ajang pameran South by South West SXSW di Austin, Texas. Tidak berhenti sampai di situ, karyanya juga pernah ditampilkan pada pameran di beberapa negara besar di dunia, seperti Hongkong, Paris, dan Amerika.

Tips dalam menekuni bidang ilustrator

Melalui sebuah wawancara disalah satu stasiun TV lokal, Diela memberi beberpa tips bagi seluruh ilustrator muda yang ingin mengikuti karirnya. Ia mengatakan bahwa latihan menggambar dan membaca adalah kunci keberhasilannya. Menurutnya, jika seseorang gemar membaca maka mereka dapat mengasah imajinasi dan wawasan mereka yang nantinya dapat menambah inspirasi ke dalam sebuah karya yang mereka buat. Tidak hanya itu aja, ia juga mendorong anak muda Indonesia untuk tidak pernah takut dalam mengambil keputusan, terutama jika itu berkaitan erat dengan passion mereka. 

 Baca juga: 5 Restoran Dan Kafe Terbaik Di Jakarta Yang Menyediakan Makanan Khas Turki

Tags: Society, Indonesia, Art, International, Seni, Ilustrator