“Success does not depend on your aptitude or your altitude. It depends on your attitude.” (Sukses tidak bergantung pada bakat atau kedudukan Anda. Ia bergantung pada perilaku Anda). Kalimat bijak itu, sepertinya tepat untuk melihat jejak perjalanan Millie Lukito, ibu satu anak yang terjun sebagai wirausaha di bidang industri penerbitan – di bawah benedera Mobiliari Group. Berbekal karakter kegigihan, ketekunan, daya juang tinggi, semangat kerja serta panggilan hidup, wanita kelahiran Jakarta, 5 April ini, sukses membawa Mobiliari Group sebagai salah satu pemain penting dan terkenal di bidang bisnis media gaya hidup.

Berbagai keberhasilan yang diraih tak membuat ibu dari Melicia Sabina Zaini melupakan sisi humanisnya. Sebagaimana ungkapan Bunda Teresa, “Bukan apa yang kita raih, tapi apa yang dapat kita berikan pada orang lain yang akan memberi arti dalam hidup kita,” Millie pun terpanggil untuk menebarkan manfaat dan spirit kebaikan pada masyarakat dan bangsa.


20190302230246-imageedit_2_4096908826_resized_773x516.jpg

Melalui Yayasan Pansophia Indonesia yang didirikan pada tahun 2009, Millie aktif bersama sejumlah relawan menggalang dana pendidikan untuk anak-anak miskin, khususnya di “usia emas” 0-8 tahun. Dimulai  30 anak dari keluarga tak mampu di kawasan Dadap, Tangerang, Banten, kini telah berkembang pesat menjadi sekitar 2000 anak di penjuru tanah air. “Saya merasa bahagia bisa memberi sesuatu pada mereka yang memerlukan. Anak-anak dari keluarga tak mampu dan terlantar itu, sesungguhnya adalah “anak-anak” kita juga di “rumah besar” Indonesia,” papar Millie.

Totalitas pengabdian wanita kelahiran Jakarta, 5 April ini tak berhenti sampai disitu. Nuraninya pun terpanggil untuk membantu dan memberi terobosan harapan bagi para kaum perempuan, ibu dan anak-anak. Melalui Maria Lukito Foundation, yang didirikan pada 2018, Millie meluncurkan Program MAMA (Matang - Mandiri) yaitu, pribadi Matang dalam pengasuhan anak serta penumbuhan sikap Mandiri melalui peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga dengan bentuk pelatihan dan pendampingan berwirausaha. Sementara peningkatan kualitas kesehatan dan kecerdasan anak melalui bantuan penambahan makanan tambahan, pemberian fasilitas pendidikan dan sekolah serta perlindungan anak.  “Melalui program tersebut, saya ingin para ibu dan anak-anak yang hidup dalam kondisi sulit dan penuh keterbatasan, tetap tersenyum serta memiliki harapan dan keyakinan bahwa masih ada hari esok yang lebih baik di masa depan,” jelas Millie yang juga mendirikan Millie Lukito Center, lembaga kajian fokus pada isu-isu  strategis di lingkup nasional dan global untuk masalah perempuan, kemiskinan dan pendidikan anak.       

Figur Millie Lukito menggambarkan sosok berintegritas yang mampu memaknai hidup secara utuh. Sisi kerja keras, niat tulus membantu sesama, kerendah hatian, serta kemurahan hatinya untuk berbagi ilmu menjadi sekumpulan alasan kenapa ia layak disebut sebagai inspirator penggerak perubahan.   

Energi besar spirit kebaikannya, dipersembahkan untuk kejayaan negeri. Dilandasi niat tulus untuk membuat perubahan yang lebih baik lagi bagi bangsa dan Negara, Millie Lukito pun terjun ke dunia politik menjadi Calon Legislatif dari Partai NasDem untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan Jakarta 2 (Jakarta Pusat, Selatan dan Luar Negeri), No. Urut 7. “Perjuangan saya di DPR bukan untuk meraih kekuasaan, tapi untuk menjamin bahwa pemerintahan berjalan dengan baik dan memastikan hak-hak kesejahteraan kaum perempuan, ibu dan anak-anak Indonesia semuanya dapat terlindungi,” tegas Millie Lukito.

Lebih jauh dijelaskan Millie, politik adalah panggilan jiwa untuk mengabdikan diri secara tulus pada bangsa dan Negara tercinta. Untuk itu, Millie  siap menjadi “jembatan” guna memperjuangkan aspirasi kaum perempuan, ibu dan anak-anak Indonesia. 

Millie sadar, mewujudkan cita-cita mulia tersebut tentu tidak mudah. Diperlukan kebersamaan dan dukungan yang padu dari seluruh elemen masyarakat.  “Karena itulah, dari lubuk hati yang terdalam, dengan segala ketulusan dan kerendahan hati, izinkan saya memohon doa restu saudara-saudara dan teman-teman, agar mau dan rela memberi dukungan, hingga kita bersama-sama bergerak maju melakukan langkah besar bersama menciptakan Perubahan, untuk Indonesia tercinta,” tutup Millie Lukito.

Ibarat mata air semangatnya untuk berprestasi terus mengalir. Karya, aktivitas dan ide cemerlangnya selalu menorehkan jejak kekaguman serta memberi inspirasi berharga dalam meniti sebuah kesuksesan.