Siapa yang tak mengenal Rich Brian? Rapper asal Indonesia yang sekarang tinggal di Los Angeles ini merupakan salah satu sosok paling berpengaruh di Asia dan di kancah musik internasional. Selain mahir membuat lagu, pria yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-21 pada tanggal 3 September ini juga dikenal sebagai anak muda yang berprestasi. Lalu, seperti apa perjalanan karirnya? Berikut ulasannya.

1/5 Awalnya tak berkeinginan menjadi rapper

Rich Brian menyukai musik rap, namun awalnya ia tidak memiliki keinginan untuk menjadi seorang rapper, melainkan menjadi sinematografer dan video klip Dat $tick merupakan salah satu karyanya. Namun tak disangla, video klip yang diunggah pada Februari 2016 tersebut meledak dan mendapat respons positif dari rapper dunia seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Cam'ron dan Desiigner. Berkat video klip inilah namanya dikenal di kancah musik dunia dan sekaligus menghantarkan karirnya ke Amerika Serikat.

2/5 Orang Asia pertama yang menduduki top chart iTunes Hip-Hop

Tidak hanya sekedar tampil dan menciptakan lagu, Rich Brian juga mencetak sebuah prestasi dengan menjadi orang Asia pertama yang menduduki puncak iTunes Hip Hop Chart. Bahkan, album Amen miliknya berhasil mengalahkan album Hip Hop penyanyi terkenal seperti Migos, Kendrick Lamar dan NF. Di usianya yang masih terbilang muda, ia juga telah mengukir prestasi seperti Breakthrough Artist of The Year – Indonesian Choice Awards ke-4 dan Forbes 30 Under 30 Asia dalam kategori Entertainment & Sport 2018. Pencapaiannya yang cemerlang di dunia music internasional, ia pun turut diundang langsung oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Bogor pada Juli tahun lalu.

3/5 Memiliki kisah cinta yang unik

Pada Juni tahun ini, rapper yang kini tinggal di Los Angeles tersebut mengungkapkan bahwa ia memiliki seorang kekasih bernama Venntey Heng. Keduanya mengumumkan hubungan mereka ke publik dengan mengunggah sebuah foto romantis di media social. Tapi siapa sangka jika kekasihnya ini merupakan penggemar setianya. Beberapa media mengatakan bahwa Rich Brian bertemu Venntey pada saat menggelar konser tahun lalu.

4/5 Masuk daftar orang berpengaruh di Asia

Sosoknya yang terkenal dan menginspirasi membuat Rich Brian masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes. Namanya terpilih bersama dengan sosok muda lainnya dari seluruh dunia. Dalam situs Forbes, Rich Brian berhasil masuk dalam 30 Under 30 Asia 2018: The Standouts untuk kategori Sports and Entertainment. Fotonya dijadikan cover dalam kolom kategori tersebut dengan label Featured Honoree. Rich Brian juga masuk dalam kategori Celebrity, yakni daftar artis yang tengah naik daun dan bisa memanfaatkan ketenarannya untuk menginspirasi banyak orang.

5/5 Belajar Bahasa Inggris secara otodidak

Rich Brian merupakan bukti nyata bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Pada salah satu wawancaranya, penyanyi berusia 21 tahun ini mengatakan bahwa sejak belia ia selalu tertarik untuk belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, yang hanya ia pelajari dari Youtube dan memiliki cita-cita untuk berkarir di Amerika Serikat. Untuk memperlancar kefasihannya, ia pun kerap mendengarkan berbagai lagu dari rapper idolanya seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore dan Tyler The Creator.