Saat ini, sneakers menjadi alas kaki yang wajib dimiliki oleh setiap orang, hal ini pun tak luput dari Presiden Joko Widodo. Selain menjadi pusat perhatian, sneakers juga memiliki kenyamanan yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Sepertinya, Jokowi tidak ingin ketinggalan tren sneakers yang sampai sekarang ini masih menjadi perhatian. Presiden yang menyukai musik metal satu ini memiliki beberapa koleksi sneakers­-sneakers­ keren yang kerap menjadi perhatian, mulai dari brand-brand luar seperty Yeezy hingga brand lokal seperti Saint Barkley, berikut deretan koleksi sneakers milik Jokowi.

Adidas Yeezy 350 Beluga V2

Siapa yang menyangka kalau Jokowi pun bisa menjadi hypebeast? Pilihan sneaker Jokowi ini menjadi perhatian banyak orang. Orang nomor satu di Indonesia ini memakai sneaker Yeezy 350 Beluga V2. Sneaker ini adalah hasil kolaborasi dari Adidas dan rapper terkenal, yaitu Kanye West. Sneaker ini memang sangat terkenal dalam berbagai kalangan. Jokowi terlihat memakai sneaker ini saat sedang berkunjung ke Selandia Baru dan saat berjalan-jalan santai. Untuk penampilan keseluruhan, Jokowi sering terlihat dengan penampilan santai seperti celana panjang, kaus atau jaket olahraga. Gaya seperti Jokowi pun sudah cocok dengan sneaker yang memiliki harga retail 3,1 juta rupiah ini.

Adidas NMD R2

Selain Yeezy 350, Jokowi juga beberapa kali terlihat memakai sneaker milik Adidas, yaitu NMD R2. Sneaker berwarna Collegiate Burgundy ini sering terlihat dipakai oleh Jokowi dalam berbagai acara, mulai dari saat sedang bersantai hingga acara kunjungan kerja, seperti saat Jokowi mengunjungi pembangunan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo tahun lalu. Sneaker milik Jokowi ini juga cukup terkenal terutama pada kalangan anak muda. Sneaker ini memiliki harga retail sebesar 2,4 juta rupiah. 

Vans x Metallica Sk8-Hi Reissue

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa Jokowi adalah penggemar berat dari band Metallica. Tidak heran kalau Jokowi terlihat memiliki sneaker kolaborasi antara Vans dengan Metallica ini. Jokowi terlihat memakai sneaker ini saat melakukan touring dengan motor Chopperland ke Sukabumi.

Sneaker kolaborasi satu ini memang menjadi incaran para penggemar Vans dan Metallica. Selain memiliki stok yang terbatas, sneaker seharga 2,4 juta rupiah ini menjadi buruan karena logo Metallica-nya yang cukup menarik perhatian.

Saint Barkley

Selain tertarik dengan sneakers milik brand luar, Jokowi juga memiliki ketertarikan dengan sneaker-sneaker buatan lokal. Seperti pada tahun 2018 kemarin, Jokowi terlihat membeli Saint Barkley seharga 380,000 rupiah pada acara Jakarta Sneaker Day 2018 kemarin. Selain menjadi barang koleksi, Jokowi terlihat beberapa kali menggunakan sneaker asal Bandung ini dalam beberapa acara.

NAH Project Yoga FlexKnit V2.0

Dari banyak sneaker yang digunakan oleh Jokowi dalam berbagai acara dan kegiatan, sneaker milik lokal ini yang paling sering digunakan. Sneaker bernama NAH Project ini kerap sekali digunakan oleh Jokowi, mulai dari hanya sekedar bersantai, melakukan aktivitas sehari-hari hingga melakukan kunjungan kerja atau acara peresmian.

Sneaker yang memiliki harga 415,000 rupiah ini memang memiliki teknologi yang menghasilkan kenyamanan untuk kaki, mungkin ini menjadi alasan mengapa Jokowi selalu menggunakan sneaker lokal ini dibanding koleksi sneakers lainnya.

 Baca juga: Tidak Hanya Brand Luar, 5 Brand Sneakers Lokal Ini Juga Tidak Kalah Bagus