Bukan hal yang mengejutkan lagi jika industri penerbangan mengalami masa transisi, terutama di masa pademi ini. Berbagai maskapai penerbangan telah mengadaptasi protokol untuk memastikan kesehatan dan keamanan penumpang. Berbagai firma design di dunia juga banyak merilis desain interior pesawat yang dapat menunjang kenyamanan. Mulai dari kursi pods bergaya futuristik hingga double-decker airplane seat, berikut lima tampilan desain kursi pesawat masa depan.

1/5 Air Lair

Airlair.jpgFoto dok: factorydesign.co.uk

Perusahaan berbasis di London, Factorydesigns baru-baru ini merilis sebuah kursi pods bergaya futuristik untuk kabin pesawat. Didesain seperti sarang lebah, kursi ini diciptakan untuk memberikan privasi dan kenyamanan maksimal bagi para penumpang saat bergpergian jauh. Selain diperuntukkan bagi individu, pods ini juga dirancang untuk dijadikan ruang kerja juga family setups. Saat ini, Air Lair hanya ditujukan untuk kelas bisnis dan First Class.

2/5 Zephyr Seat

zephyr.pngFoto dok: Intelligent Aerospace 

Pada pertengahan bulan juni tahun ini, perusahan start-up asal San Fransisco, Amerika Serikat, Zephyr Aerospace merilis sebuah desain kursi pesawat yang futuristik dan inovatif. Dinamakan Zephyr Seat, kursi pesawat berdesain double-decker ini dapat diatur menjadi kursi konfigurasi 2-4-2 yang terhubung dengan tangga teleskopik untuk memudahkan akses penumpang. Desain tempat duduk kabarnya juga dirancang dengan fungsi tempat tidur untuk penerbangan jarak jauh.

3/5 Janus Seat

Janus seat.jpgFoto dok: aviointeriors.it 

Firma desain asal Italia, Aviointerios juga memiliki rancangan kursi pesawat masa depan yang mengombinasikan posisi kursi berderet tiga dengan bagian tengah yang berlawanan. Dilansir dari berbagai media asing, desain interior pesawat yang futuristik ini bertujuan untuk menghindari penularan virus dari satu penumpang ke penumpang lainnya. Selain desainnya yang unik, Janus seat juga terbuat dari material yang mudah dibersihkan. Pemasangan dari kursi kabin ini juga diperkirakan akan memakan waktu 6 bulan.

4/5 Isolate

isolate.jpgFoto dok: dezeen.com

Desain futuristic lainnya datang dari Factory Design. Firma travel design yang berada di London ini merilis sebuah ide desain bernama Isolate yang mengambil konseo partisi atau pemisah tempat duduk dalam pesawat. Selain menjaga privasi, tempat duduk ini juga akan mengurangi kontak langsung dengan oenumoang lain. Partisi yang diletakkan pada tengah kursi pesawat juga dilengkapi dengan arm rest. Dilansir dari website remisnya, Isolate juga dilengkapi dengan meja split dengan pemisah kaca atau plastik transparan berwarna gelap yang dapat di copot pasang dan disesuaikan dengan ukuran kursi pesawat sehingga sangat mudah untuk dibersihkan.

5/5 Glassafe

Glassafe.jpgFoto dok: techEBlog

Tidak hanya Janus Seat, Aviointeriors juga merilis sebuah kursi dengan kaca shield. Sama seperti Janus Seat, Glassafe juga menggunakan material yang kuat, transparan dan mudah dibersihkan. Selain itu pembatasan ini juga akan memperkecil kemungkinan terkena droplet dari penumpang lain.