Para penggemar serial K-Drama, Squid Game pastinya sudah sangat familiar dengan set desain tangga yang terinspirasi dari karya seniman MC Escher di tahun 1955, “Convex and Concave. Menampilkan desain menakjubkan dan warna vibran yang kontras, tangga berbentuk labirin tersebut juga berhasil meraih pujian dari para penonton. Kendati demikian, tangga berdesain unik  tidak hanya dapat kita lihat di layar Televisi, tetapi juga di dunia nyata. Berikut ini desain tangga menawan di berbagai dunia yang wajib masuk ke dalam travel wishlist-mu.

1/5 Chand Baori,  Rajasthan, India

India.jpgFotodok: Rowan Heuvel - Unsplash 

Chand Baori adalah salah satu landmark tertua dan paling menakjubkan secara visual di Rajasthan, barat laut India. Dibangun antara tahun 800 dan 900 M, struktur kuno ini terdiri dari sekitar 3.500 anak tangga di atas 16 lantai yang memanjang 100 kaki ke dalam tanah. Chand Baori dan tangganya telah ditampilkan dalam sejumlah film Hollywood, salah satu yang paling terkenal adalah dalam film The Dark Knight Rises.

2/5 Dongdaemun Design Plaza, Seoul, South Korea

Dongdaemun.jpgFotodok: Steemit @mdosev

Bangunan Dongdaemun Design Plaza yang menakjubkan di Seoul dirancang oleh arsitek terkenal Irak-Inggris, Zaha Hadid. Dalam gedung berdesain futuristic tersebut, tangga spiral panjang yang mengarah dari ruang bawah tanah ke lantai empat terlihat menyerupai labirin.

3/5 Muralla Roja, Manzanera, Calpe, Spain

Muralla.jpgFotodok: ArchDaily 

Muralla Roja adalah kompleks apartemen postmodern yang terletak di sepanjang garis pantai Mediterania di Calpe, Spanyol. Dirancang dengan gaya benteng dari abad pertengahan tetapi dengan elemen desain kontemporer seperti bentuk geometris yang rapi dan blok warna yaitu merah, merah muda dan biru. Selesai pada tahun 1973, Muralla Roja dirancang oleh arsitek terkenal Spanyol, Ricardo Bofill—terkenal dengan La Fábrica, bekas pabrik semen yang diubah menjadi studio Taller de Arquitectura dan rumah keluarganya.

4/5 The Vessel, New York City, USA

Vessel.jpgFotodok: Clay Banks - Unsplash

Karya seni interaktif di Hudson Yards New York City ini terinspirasi oleh desainer Inggris Thomas Heatherwick. Terdiri dari 154 tangga yang saling berhubungan secara rumit dan hampir 2.500 anak tangga individu serta 80 pendaratan, The Vessel dirancang dan dibangun sehingga pengunjung dapat menikmati perspektif kota yang unik dari ketinggian, sudut, dan sudut pandang yang berbeda.

5/5 Zhongshuge Bookstore, Chongqing, China

China.jpgFotodok: X+Living 

Dibangun pada tahun 2020, Toko Buku Zhongshuge di Chongqing, China sebenarnya terinspirasi oleh M.C. Litograf 1953 ikonik Escher, “Relativity”. Sama seperti litografi terkenal, fitur serangkaian tangga yang saling berhubungan itu, dipasangkan dengan bermacam-macam warna dari rak buku dan cermin langit-langit besar, menambah kekacauan untuk meningkatkan perasaan ilusi optik.

Source: Tatlerasia.com
Translated by:
Anastasia Kathleen