Keindahan alam memang tidak ada habisnya, selalu membuat kita terkagum-kagum dengan keunikannya. Indonesia memiliki banyak pantai, gunung dan gua-gua yang indah untuk dinikmati dan dikunjungi, namun beberapa negara malah memiliki oase-oase yang cantik dan menarik. Dalam ilmu geografi, oase atau oasis merupakan suatu daerah subur terpencil yang berada ditengah gurun, pada umumnya mengelilingi suatu mata air atau sumber air lainnya. Nah, berikut ini oase-oase cantik yang tersebar di seluruh dunia yang wajib kamu kunjungi!

Oase Maranhao

dune-2137335_1280.jpg

Source: pixabay.com

Oase yang terletak di negara bagian Maranhao, Brasil ini berada tepat di luar cekungan Amazon, wilayah ini bisa menampung air dan membentuk laguna yang mengagumkan dan cantik dengan beragam warna. Lebih menariknya, kawasan ini dirancang untuk menjadi taman nasional yang bernama Lencois Maranhenses. Selain sebagai tempat wisata untuk turis, area ini juga menjadi rumah bagi Caeté People.

Oase Chebika

L'oasis de Chebika en Tunisie (1).jpgSource: pinterest.com

Untuk kamu penggemar berat film karya George Lucas, mungkin tempat ini sudah tidak asing lagi, area oase ini dijadikan sebagai tempat lokasi syuting film "Star Wars IV: A New Hope." Letak Oasis Chebika ini berada di kaki pegunungan Djebel El Negueb, Tunisia. Karena oasis ini terletak di kaki pegunungan, butuh 40 menit berjalan kaki untuk menikmati oasis yang cantik ini. Jika kamu ingin menikmati pemandangan yang lebih indah, kamu harus mendaki sedikit untuk menikmati pemandangan pegunungan, oasis dan dataran garam Chott El Jerid.

Oase Wadi Bani Khalid

Wadi Bani Khalid, Oman (1).jpgSource: pinterest.com

Oase Wadi Bani Khalid merupakan salah satu oase terindah yang berada di Timur Tengah, lebih tepatanya berada di Oman. Sepanjang tahunnya, air mengalir dari sumber yang terletak di bagian atas lembah. Hal itulah yang membuat pohon-pohon di sekitarnya ini menjadi tumbuh subur dan sumber air jernih melimpahi oasis ini. Oasis Wadi Bani Khalid ini seperti surga di tengah-tengah gurun pasir yang harus dinikmati.

Oase Huacachina

peru-1587120_1280.jpgSource: pixabay.com

Oase Huacachina merupakan salah satu oasis terindah yang terletak tidak jauh dari kota Ica, barat daya Peru. Area yang sering disebut-sebut sebagai Oase Amerika ini pun tidak hanya menawarkan pemandangan indahnya saja. Menurut legenda lokal, air dan lumpur yang berada di Huacachina ini cocok untuk pengobatan. Banyak lokal dan turis berendam di air atau menutupi diri mereka dengan lumpur untuk menyembuhkan penyakit seperti asma, bronkitis, dan rematik. Oase Huacachina ini juga menjadi rumah untuk ratusan penduduk lokal. Bahkan, oase ini juga menjadi resor dan tujuan para turis yang ingin menikmati seluncur pasir dan dune buggy.

Oase Crescent Lake

crescent-lake-1181517_1280.jpgSource: pixabay.com

Sesuai dengan namanya, bentuk oase ini memang seperti bulan sabit. Oasis ini terletak di Cina, tepatnya di Gurun Gobi, jadi tidak heran kalo oase ini menjadi salah satu lokasi yang selalu dikunjungi oleh turis karena keunikannya. Letak oase ini hanya berjarak 6 km dari kota Dunhuang. Jika kamu ingin menikmati lebih oase ini, kamu bisa menunggangi unta atau mengendarai ATV di padang pasir sambil berkeliling oase.

Oase Ubari

The Ubari Oasis in Lybia (1).jpgSource: pinterest.com

Ubari merupakan kawasan wisata alam yang masih menjadi bagian dari Kota Erg Awbari yang lokasinya berada di tengah Gurun Sahara. Yang unik dari oase ini adalah konsentrasi garam yang tinggi, menjadikan oasis ini seperti Laut Mati. Jadi saat kamu berenang di oase ini, kamu bisa mengapung. Area oase ini pun sering menjadi pusat pertemuan dan aktivitas perdagangan untuk penduduk setempat. Mereka biasanya akan berkumpul di tepi danau untuk menjual barang-barang.

Oase Timia

Timia Oasis, located on the Aïr Mountains (northern Niger).jpgSource: pinterest.com

Untuk kamu yang sedang memiliki rencana untuk menikmati indahnya Benua Afrika, oase ini yang harus kamu kunjungi. Oase dengan pemandangan indah ini terletak di Nigeria, namun waktu tempuhnya membutuhkan selama 6 jam dari kota Agaden. Oasis ini memiliki beragam flora, mulai dari pohon palem sampai buah-buahan seperti jeruk dan delima bisa ditemukan di sini. Lebih menariknya lagi, ada beberapa destinasi liburan yang juga wajib dikunjungi di sekitar Oase Timia. Seperti air terjun di kota terdekat, Tuareg, dan ada bekas Benteng Prancis tidak jauh dari reruntuhan Kota Assodé.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Masuk Ke Dalam Bucket List-mu