Belakangan ini Jakarta sedang menjadi bahan pembicaraan di sosial media karena tingkat kebersihan udara di Jakarta yang cukup mengkhawatirkan. Terlihat dari aplikasi khusus yang bertujuan untuk mengukur tingkat kebersihan dan kesehatan udara ini menunjukkan kadar udara di Jakarta sedang tidak sehat. Sebagian besar warga Jakarta mengeluhkan kondisi ini bahkan ada beberapa yang melihat Ibukota ini diselimuti oleh polusi.

Dengan kondisi Jakarta yang sedang memburuk ini, membuat warga Jakarta tergerak untuk memperbaiki kondisi udara Ibukota Indonesia ini. Namun selagi berusaha untuk memperbaiki kondisi udara Jakarta, kita dapat mencontoh beberapa kota di seluruh dunia yang memiliki udara terbersih.

Auckland, New Zealand

auckland-2160547_1280.jpgFoto: pixabay.com

Sudah diketahui oleh banyak orang jika New Zealand memiliki keindahan alam yang memanjakan mata. Berbeda dengan kota-kota besar di dunia, kota Auckland, New Zealand ini menjadi destinasi favorit oleh banyak traveller karena keindahan alam dan tentu kebersihan udaranya.

Stockholm, Swedia

stockholm-1824368_1280.jpgFoto: pixabay.com

Pada tahun 2010, kota ini memenangkan penghargaan sebagai kota terhijau dan terbersih di benua Eropa. Selain terkenal sebagai pusat desain di dunia, kota ini juga berfokus pada masalah kebersihan lingkungan, pemerintah Stockholm berusaha mengurangi tingkat emisi karbon. Sehingga ibukota Swedia ini masuk kedalam kategori kota dengan polusi terendah di dunia.

Madrid, Spanyol

madrid-3952068_1280.jpgFoto: pixabay.com

Kota Madrid ini termasuk salah satu kota yang memiliki udara bersih, hal ini dikarenakan kebanyakan penduduk di kota ini, khususnya penduduk yang menetap di distrik Malasana lebih memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk mencapai ketempat tujuannya. Dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda sangatlah membantu mengurangi polusi.

Monte Carlo, Monaco

monaco-2209822_1280.jpgFoto: pixabay.com

Ketika nama Monaco tersebut, hal yang langsung muncul dipikirkan adalah entah kapal dan kasino atau ajang balapan Formula 1 yang ikonik. Walaupun begitu, tidak ada yang menyangka jika kota ini termasuk salah satu kota yang memiliki udara terbersih di seluruh benua Eropa.

Helsinki, Finlandia

helsinki-cathedral-4189824_1280.jpgFoto: pixabay.com

Pemerintah dari kota Helsinki ini memiliki cita-cita agar warganya tidak membutuhkan dan bergantung pada kendaraan pribadi lagi, terdengar cukup aneh namun tujuannya memang baik. Di kota Helsinki, transportasi umum sangatlah diperhatikan dengan baik-baik agar dapat selalu dimanfaatkan. Bahkan sampai saat ini, sudah ada 3,800 kilometer lebih jalur khusus sepeda.

Baca juga: 13 Newly Listed UNESCO World Heritage Sites In Asia