Apakah kamu penggemar perhiasan? Jika iya, tentu kamu menyadari bukan bahwa berlian merupakan salah satu batu perhiasan yang paling sering digunakan. Secara umum, berlian berwarna putih sudah sangat dikenal dengan keindahannya. Namun ternyata, pink diamonds atau berlian berwarna merah muda menjadi salah satu jenis batu perhiasan yang paling sulit ditemukan. Jumlahnya pun sangat terbatas di dunia. 

Beberapa hari belakangan ini, pink diamonds kembali mendapatkan perhatian. Pasalnya, Kylie Jenner diketahui mendapatkan hadiah berupa kalung berlian bertabur batu berlian tersebut dari Travis Scott kekasihnya. Berikut 5 hal yang perlu kamu tahu mengenai pink diamonds ini. 

Sumber terbesar pink diamonds berasal dari Australia 

cover wikimedia commonds.pngSumber: wikimediacommons.com 

Sumber terbesar dari pink diamonds diketahui berasal dari salah satu produsen berlian terbesar dunia yaitu Argyle Diamond Mine yang terletak di Australia. Argyle Diamond Mine ditaksir menghasilkan 90 persen berlian di seluruh dunia. Namun faktanya, hanya 1 persen dari hasil tambang disini yang menghasilkan berlian merah muda. Jadi, jika ada 1 juta karat berlian yang ditambang di Argyle, hanya 1 karat yang dapat dijual di pasaran. 

Mencetak rekor sebagai batu perhiasan termahal 

pink star npr.pngSumber: npr.com 

Menjadi batu berlian yang langka membuat pink diamonds memiliki harga selangit dan tidak heran jika berlian ini memegang rekor sebagai batu perhiasan paling mahal. Ya, Pink Star merupakan perhiasan yang terbuat dari pink diamonds berukuran 59.6 karat berhasil dilelang dengan harga 71,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 1 triliun. Pink Star dibeli oleh seorang pengusaha asal Hong Kong pada tahun 2017 lalu. 

Memiliki level warna merah muda 

2 pixaby.pngSumber:pixabay.com 

Meskipun memiliki harga mahal dan langka, pink diamonds juga memiliki beberapa tingkat warna pink yang ada. Semakin terang warna merah muda yang ada, harga akan semakin tinggi. Tingkat warna pink dengan harga paling tinggi adalah Fancy Vivid Pink yang memiliki warna pink yang tegas dan cantik. Dibawah itu, ada tingkat yang memiliki harga lebih murah seperti Fancy Light Pink atau Fancy Pink diamond dengan warna yang lebih halus. 

Dapat dimodifikasi dengan warna lain 

pink brown flickr.pngSumber: flickr.com 

Pink diamonds juga bisa dimodifikasi dengan warna lain. Namun tentu harganya akan berubah seiring dengan warna yang dicampur. Warna yang paling umum dicampur dengan pink diamonds adalah warna coklat yang menghasilkan Fancy Brownish Pink or Fancy Brown-Pink. Tidak hanya warna coklat, warna ungu juga bisa dimodifikasi dengan pink diamonds dan menghasilkan Fancy Purplish Pink atau Fancy Purple-Pink

Digemari oleh selebriti dunia 

jlo nypost.pngSumber: nypost.com 

Warna pink yang cantik dan terkesan feminim dari pink diamonds tentu membuat banyak wanita yang mengidamkan perhiasan ini. Tidak terkecuali beberapa artis dunia. Selain Kylie Jenner yang baru saja mendapatkan kalung berlian dengan hiasan pink diamonds, penyanyi dan artis, Jennifer Lopez juga pernah mendapat diamond pink. Dirinya mendapat cincin pertunangan dengan batu berlian pink dari pasangannya pada waktu itu, Ben Affleck yang ditaksir memiliki harga 1.2 juta dollar AS atau Rp 17 miliar. Namun sayangnya, JLo mengembalikan cincin tersebut saat mereka memutuskan untuk berpisah di tahun 2004. 

Baca juga: 5 Tokoh Ternama yang Menggunakan Jam Tangan Rolex

Tags: Kylie Jenner, JLo, Pink Diamonds, Jewel, Pink Star