Tidak dapat dipungkiri jika wabah COVID-19 membawa kepanikan dan keresahan yang begitu besar pada masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita saling membantu satu sama lain di tengah masa sulit ini untuk saling meringankan beban. Jika kamu berniat untuk membantu sesama sembari menerapkan social distancing, berikut empat cara yang dapat kamu lakukan di tengah mewabahnya COVID-19.

1/4 Tetap di Rumah

kindle-1867751_1280.jpg

Foto: Pixabay

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tetap berada di rumah. Dengan membatasi aktivitas di luar rumah, kamu dapat meringankan beban dan kekhawatiran keluarga serta teman-temanmu. Tidak hanya itu, dengan tetap berada di rumah dan jauh dari jangkauan penyakit, kamu juga secara tidak langsung telah membantu meringankan pekerjaan para pekerja medis yang tengah bekerja keras saat ini.

2/4 Berpartisipasi dalam penggalangan dana

2 dana.jpg

Foto: Unsplash

Berdiam di rumah bukan berarti kamu tidak dapat melakukan apa-apa. Selagi menjaga kesehatanmu sendiri, kamu tetap dapat membantu sesama dengan berpartisipasi dalam penggalangan dana secara online. Sehubungan dengan hal ini, para selebriti ternama Indonesia pun juga tengah melakukan penggalangan dana untuk membantu berbagai pihak, dari pekerja medis hingga keluarga yang kurang mampu, untuk mengatasi COVID-19, seperti yang dapat kamu lihat di sini.

3/4 Tetap bersosialisasi dan menjadi teman bagi sesama secara remote

3.jpg

Foto: Unsplash

Masa social distancing mungkin cukup sulit untuk dijalani karena harus membatasi interaksi sosial dengan orang lain. Namun, kamu tetap dapat bersosialisasi dan menjaga komunikasi dengan sesama untuk saling meringankan beban satu sama lain. Terlebih, kini sudah banyak aplikasi dan fitur yang dapat memudahkanmu untuk bertemu orang lain secara remote, seperti misalnya Skype, Zoom Cloud Meetings, dan Google Hangouts.

4/4 Mendukung usaha warga lokal

4 online deliv.jpg

Foto: Unsplash

Meluasnya wabah COVID-19 pun juga membawa dampak negatif yang besar bagi berbagai bisnis di Indonesia, di mana masa social distancing ini mengakibatkan sepinya usaha-usaha para warga lokal. Oleh karena itu, untuk membantu sesama di masa sulit ini, kamu dapat tetap mendukung usaha mereka seperti membeli makanan melalui jasa delivery online atau dengan menyewa jasa katering makanan, serta membeli kebutuhan sehari-hari dari warga lokal secara online. Dengan begitu, kamu tetap dapat berkontribusi ke usaha mereka tanpa perlu keluar rumah.

Baca juga: 5 Bisnis dan Layanan Yang Meningkat Akibat COVID-19

Tags: Virus Corona, COVID-19, Social Distancing