1/4 Palming

1 yoga eye.jpg

Foto: bettereyesightnow.com

Usapkan tanganmu selama 10 hingga 15 detik sampai terasa hangat, setelah itu tempelkan telapak tangan pada area mata dengan bagian jari menyentuh dahi. Jangan menyentuh bola mata secara langsung, ciptakan sedikit rongga di antara telapak tangan dan mata, kemudian pastikan tidak ada cahaya yang menembus.Tutup matamu dan rileks, lakukan gerakan ini selama beberapa menit.

2/4 Eye Rolling

eye-roll-2514034_960_720.jpg

Foto: ottlite.com

Duduk tegak dan rilekskan tubuhmu. Tanpa menggerakan kepala, arahkan pandangan ke arah langit-langit, kemudian perlahan putar bola matamu mengikuti arah jarum jam membentuk sebuah lingkaran sebesar mungkin. Ulang gerakan ini sebanyak tiga kali, kemudian tutup matamu dan rileks. Ketika sudah siap, ulang gerakan ini kembali sebanyak tiga kali ke arah yang berlawanan dengan jarum jam.

3/4 Focus Shifting

3 yoga eye.jpg

Foto:stylesatlife.com

Lemaskan tubuh, rentangan sebelah tangan kedepan dengan ibu jari mengarah ke atas. Fokuskan mata pada ibu jarimu, kemudian perlahan gerakkan ibu jarimu ke arah hidung hingga kamu tidak dapat fokus lagi menatapnya. Tahan nafasmu beberapa detik lalu rentangkan kembali lenganmu seperti semula sambil tetap berfokus pada ibu jari. Ulangi hingga 10 kali.

4/4 Distance Gazing

people-2605526_1280.jpg

Foto: Pixabay.com

Tetapkan pandanganmu pada objek yang jauh. Fokuskan tatapanmu pada benda tersebut sejelas mungkin sambil tetap rileks di area mata dan wajah. Perlahan ambil nafas panjang, kemudian perlahan alihkan tatapanmu pada objek jauh lainnya. Lanjutkan aktivitas ini dengan beberapa kali berhenti pada objek-objek dari berbagai jarak.

Sumber: yogainternational.com (Penulis: Claudia Cummins)

Baca juga: 5 Must-Do Fast Bodyweight Exercises During Social Distancing

Tags: Yoga, Wellness, Yoga Mata, Kesehatan Mata