Belum lama ini, Presiden Jokowi telah menghimbau masyarakat Indonesia untuk bekerja di rumah alih-alih berangkat ke kantor untuk menekan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia. Namun, bagi beberapa orang, bekerja di rumah mungkin kurang efektif dikarenakan beberapa faktor yang dapat memecah konsentrasi di rumah. Oleh karena itu, jika kamu juga merupakan salah satunya yang sedang bekerja di rumah, berikut lima tips untuk bekerja dengan lebih efektif di masa-masa social distancing atau work from home ini.

1/5 Bangun pagi

1.jpg

Foto: Pixabay

Tidur lebih lama dan bangun siang mungkin merupakan salah satu godaan yang menggiurkan bagi sebagian orang yang bekerja di rumah. Namun, hal tersebut bukanlah cara yang efektif untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Selain menghabiskan waktu, hal tersebut dapat mengurangi niatmu untuk bekerja. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memasang alarm dan tetap bangun pagi seperti ketika kamu harus berangkat ke kantor, dilanjutkan dengan mandi dan sarapan pagi untuk membuatmu lebih bertenaga dan merasa segar.

2/5 Siapkan ruang kerja yang nyaman

2.jpg

Foto: Unsplash

Tidak bisa dipungkiri, lingkungan bekerja memang dapat mempengaruhi produktivitas seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sehubungan dengan hal ini, kamu dapat menyiapkan ruang kerja yang nyaman sesuai dengan seleramu sebelum memulai jam kerja untuk membuatmu lebih bersemangat dan termotivasi. Contohnya, kamu dapat menambahkan tanaman-tanaman hijau ataupun vas bunga di atas meja kerjamu sebagai dekorasi.

3/5 Susun jadwal kerja

3.jpg

Foto: Pixabay

Bekerja di rumah mungkin dapat dilihat sebagai kesempatan untuk bekerja sesuka hatimu, terlebih dengan banyaknya godaan dan hiburan yang dapat kamu nikmati di rumah. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menyusun sebuah jadwal kerja, di mana kamu menentukan waktu memulai pekerjaan, waktu beristirahat, dan target kapan kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu dapat membagi waktumu dan bekerja secara efektif. Sebagai tambahan, ada baiknya juga jika kamu tidak melakukan pekerjaan rumah di sela-sela pekerjaanmu agar kamu dapat lebih fokus bekerja. Alih-alih melakukan keduanya sekaligus, kamu dapat menjadwalkan pekerjaan rumah setelah kamu menyelesaikan pekerjaanmu.

4/5 Sediakan camilan

4.jpg

Foto: Pixabay

Pekerjaan memang penting, namun memastikan agar kamu tidak merasa terbebani karena pekerjaan pun juga tidak kalah penting. Sambil tetap bekerja dan mengikuti jadwal yang telah kamu susun, kamu dapat dapat menyediakan beberapa makanan ringan yang dapat kamu nikmati sembari bekerja, seperti misalnya kue dan roti. Jika hal tersebut bukanlah seleramu, kamu juga dapat menyediakan kopi atau teh hangat untuk menemanimu ketika bekerja dan membuat pekerjaanmu terasa lebih menyenangkan..

5/5 Pastikan untuk tetap berkomunikasi dengan rekan kerja

5.jpg

Foto: Unsplash

Meski bekerja dari rumah, komunikasi antar anggota tim tetap merupakan hal yang penting untuk bekerja secara efektif. Hal ini akan membuatmu tetap teringat dengan pekerjaanmu alih-alih terdistraksi akan hal lain di rumah. Selain itu, kamu juga dapat berdiskusi dan rekanmu dan membantu satu sama lain perihal pekerjaan, sehingga pekerjaanmu akan lebih cepat selesai. Terlebih, dengan zaman di mana teknologi semakin canggih saat ini, kamu dapat dengan lebih mudah mengadakan rapat tim atau berdiskusi dengan rekan kerjamu melalui dunia maya.

Baca juga: Kegiatan 6 Selebritis Dunia Saat Social Distancing

Tags: Tips, Social Distancing, Work From Home, Bekerja Di Rumah