Liburan tidak harus selalu jalan-jalan di taman atau berkemah di pantai. Berkunjung ke perpustakaan bisa menjadi destinasi berlibur yang unik dan mengesankan. Jika kamu penikmat arsitektur, buku dan sedang merencanakan untuk berlibur dalam waktu dekat ini, maka 5 perpustakaan terindah di dunia ini sangat wajib kamu kunjungi. Berikut ulasannya. 

 

Perpustakaan Stiftsbibliothek  Admont – Admont Austria

Stiftsbibliothek Admont, Steiermark, Austria (1).jpg

Berdiri pada tahun 1776, perpustakaan Admont terletak dibawah kaki pegunungan Alpen. Memiliki desain arsitektur yang menarik dan termasuk kedalam perpustakan monastik terpanjang yang pernah dibangun, Admont memiliki aula dengan luas membentang sepanjang 70 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 11 meter. Dalam perpustakaan ini terdapat koridor dan tangga polos yang mengarah ke aula, uniknya perpustakaan ini tidak memiliki meja, alasannya karna perpustakaan ini tidak pernah dimaksudkan untuk belajar atau membaca di tempat. Ruangan ini ada hanya menjadi tempat penyimpanan dan memamerkan buku. Biasanya para biarawati meminjamnya untuk kemudian dibaca di dalam kamarnya.

 Biblioteca de Conventa de Mafra – Mafra Portugal

Portugal Biblioteca de Mafra.jpg

Perpustakaan Mafra, awalnya dibangun atas perintah Raja Jhon V setelah putrinya lahir. Letak perpustakaan sepanjang 88 meter ini masih berada di bagian istana, itulah mengapa Mafra masuk kedalam salah satu perpustakaan monastik terpanjang di dunia dengan menyimpan begitu banyak incunabula atau dokumen serta buku-buku yang dicetak di Eropa sebelum tahun 1501.

 Biblioteca Statale Oratoriana dei Girolamini – Napoli Italia

In a new Taschen book, the photographer Massimo Listri travels around the world to some of the oldest libraries, revealing unique architecture.jpg

Girolamini adalah salah satu perpustakaan di dunia yang memiliki desain arsitektur yang menarik. Perpustakaan ini masih berada satu kompleks besar yang didirikan oleh Ordo Oratoria. Menjadi tempat pembelajaran dan penelitian bahkan disebut sebagai gudang penelitian, perpustakaan Girolamini ini memiliki volume buku yang mengesankan. Memiliki lorong perpustakaan yang terdiri dari tiga lantai yang elegan, lemari buku bertingkat dua dengan ukiran indah, serta pada bagian puncak terdapat lukisan Frasco dan karya plaster bergaya barok yang menarik.seorang filsuf abad ke-18 Giambattista Vico bahkan menjadikan Girolamini sebagai perpustakaan favoritnya.

 Bibliotheque Sainte Genevieve, Paris, Prancis

The most magnificent places to read in the world_.jpg

Perpustakaan Sainte Genevieve pertama kali didirikan sebagai perpustakaan biara, diketahui memiliki umur yang jauh lebih panjang, namun rupanya informasi mengenai  dokumen perpustakaan ini pertama kali muncul pada tahun 1148. Awalnya terdapat sebuah gereja yang terletak dibagian perpustakaan tersebut, namun setelah berakhirnya masa revolusi, gereja ini diubah menjadi sekolah dan kini menjadi perpustakan Universitas Pantheon Sarbonne, Paris 1. Sainte Genevieve dirancang oleh seorang arsitek bernama henri Labrouste pada 1851. Ruang baca di desain dengan menggunakan konstruksi rangka besi, layaknya sebuah katedral pada era revolusi industri. Lorong monumental yang unik, membuat keseluruhan perpustakaan ini terlihat memukau dengan penataan buku yang diletakan ditengah-tengah meja dengan anggun.

 Perpustakaan Trinity College, Dublin, Irlandia

A lavishly illustrated new book pays homage to the cathedrals of free knowledge that are libraries, from the 1600s until today_.jpg

Perpustakaan yang didesain dengan sederhana ini memiliki simetri gaya yang mampu menenangkan mata. Trinity College didirikan oleh Ratu Elizabeth 1 pada 1952 sebagai pusat pembelajaran umat protestan. Idenya ini muncul untuk melepaskan tradisi pembelajaran monastik dengan menetapkan kerangka baru dalam Universitas Dublin. Tidak lagi cukup menampung berbagai koleksi buku, didirikanlah perpustakan kedua yang dirancang langsung oleh Thomas Burgh dengan menggunakan istilah Old library. Pembangunan tersebut dimulai pada 1712 dan selesai pada 1732. Yang menarik dari perpustakaan ini adalah kehadiran sebuah  ruangan yang dikenal dengan Longroom, sebuah atap datar asli perpustakaan yang kemudian ditinggikan dan diganti dengan atap barel oak. Menyimpan 200 ribu buku berharga yang diletakan dilemari oak Longroom, perpustakaan juga menyimpan karya besar seperti Book of Durrow yang ditulis sekitar tahun 650-700. Tidak hanya itu Trinity College juga menyimpan dua patung tokoh inteletual yakni Oscar Wilde dan Samuel Beckett.

 Baca Juga: 5 Komik Indonesia Yang Tidak Kalah Menarik Dengan Komik Luar Negeri

Tags: Perpustakaan Terindah Di Dunia, Desain Arsitektur Menarik