Cannes sendiri merupakan kota kecil, hanya dihuni sekitar 74.000 penduduk. Kota ini terletak di kawasan Cote d'Azur di bagian selatan Prancis. Bagi para penikmat film, kota ini pasti tidak terdengar asing. Sebab di Cannes, digelar event tahunan Cannes Film Festival. Ajang paling bergengsi di dunia perfilman. Berikut beberapa alasan mengapa Cannes menjadi pusat film dunia.

Baca juga: Film Indonesia Yang Pernah Ditayangkan Di Cannes International Film Festival

Kesempatan menyaksikan film dari berbagai penjuru dunia

Bagi para pekerja industri film, dengan hadir di festival film satu ini, mereka bisa menyaksikan berbagai film kelas festival dari berbagai penjuru dunia. Salah satu film yang pernah memenangkan piala tertinggi di Cannes, Palme d'Or adalah Winter Sleep, film berdurasi 3 jam berasal dari Turki. 

Penghargaan bergengsi di dunia film

Pada tahun 1978, penghargaan Caméra d’Or dan Un Important Regard diperkenalkan. Penghargaan-penghargaan ini masih dipandang sebagai dua yang paling bergengsi di dunia film (bersama Palme d'Or, yang diperkenalkan pada tahun 1950-an). Meski demikian, masih ada klaim bahwa penghargaan tidak selalu diberikan secara adil. Terdapat beberapa film yang memenangkan penghargaan namun dianggap memiliki agenda tertentu.

Palais des Festivals et des Congrès

Palais des Festivals memiliki luas lantai 25.000 kaki persegi dan juga menjadi tuan rumah bagi beberapa konvensi dan acara di luar festival film Mei. Bangunan ini pertama dibangun pada tahun 1949 dan versi terbaru dibangun kembali pada tahun 1982.

Tidak hanya festival film

Setidaknya, Cannes punya 20 event internasional yang besar sepanjang tahun. Selain itu, masih ada ajang pagelaran seni dan musik yang jumlahnya mencapai ratusan setiap tahunnya. Cannes sudah dikenal sebagai Ibukota Film Dunia, hal ini juga berdampak bagi kehidupan penduduknya. Mereka hidup dari film. Turis datang, uang berputar, mereka dengan senang hati melayani dan memberikan servis terbaik. Terdapat beragam paket wisata, aktivitas, transportasi mudah seperti bus dan kereta, penginapan, deretan toko suvenir hingga pagelaran-pagelaran seni dan semacamnya setiap bulan.

Baca juga: 5 Tas Ikonik Gucci Yang Harus Dimiliki Setiap Wanita Dalam Koleksinya