pesta-kembang-api-dan-tarian-papua-meriahkan-pembukaan-pon-xx-8_169.jpegFoto dok: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

Setelah ditunda selama setahun akibat pandemi, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akhirnya diselenggarakan pada tanggal 2 September 2021. Bertempat di Stadion Lukas Enembe, pekan olahraga tahun ini diadakan dengan sangat meriah. Tidak hanya itu saja, kesiapan infrastruktur serta sumber daya manusia yang dipersiapkan secara maksimal turut mensukseskan acara tersebut. Berikut ini kami rangkum lima highlight dari PON XX Papua 2021.

1/5 PON pertama yang menghadirkan e-sport
 
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, PON tahun ini menghadirkan pertandingan olahraga elektronik atau yang biasa dikenal dengan e-sport. Masuk sebagai cabang olahraga eksibisi, terdapat lima game Esports yang dipertandingkan, yaitu game Lokapala, PUBG Mobile, e-football PES 2021, Free Fire, dan Mobile Legends Bang Bang.

2/5 Pertandingan diadakan di beberapa wilayah
 
Berbeda dengan penyelenggaraan PON sebelumnya yang hanya dilakukan maksimal di dua kota, maka PON XX Papua memiliki keunikan tersendiri di mana terdapat empat lokasi penyelenggaraan. Cakupan wilayah pertandingan yang luas tersebut termasuk Kota Jayapura: 15 cabor dengan 21 nomor disiplin, Kabupaten Jayapura: 14 cabor dengan 22 nomor disiplin, Kabupaten Mimika: 9 cabor dengan 12 nomor disiplin dan Kabupaten Merauke: 6 cabor dengan enam nomor disiplin.

3/5 Bertempat di stadion bertaraf internasional
 
Pagelaran PON XX Papua 2021 juga diadakan di berbagai venue bertaraf internasional. Yang pertama adalah Stadion Lukas Enembe. Stadion yang diambil dari nama pahlawan asal Papua memiliki taraf Internasional dengan konsep dan filosofinya diangkat dari dari kekayaan alam dan budaya Papua. Tidak hanya itu saja, stadion ini juga telah memenuhi standar internasional di mana lapangan sepak bolanya sudah sesuai dengan standar FIFA, sarana atletik dengan standar IAAF, dan arena akuatik bersertifikasi FINA.

Selain itu, Mimika Sports Complex (MSC) yang terletak di Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua juga dijadikan sebagai venue. Sama seperti Stadion Lukas Enembe, kompleks olahraga bertaraf internasional dan terakreditasi IAAF ini memiliki stadion indoor, outdoor, asrama atlet, dan bangunan penunjang lain. Dengan kapasitas 5.500 penonton, stadion di Timika, Kabupaten Mimika ini dapat mempertandingkan sejumlah cabang olahraga seperti bulu tangkis, bola basket, dan bola voli di dalam ruangan. Di lokasi tak berjauhan terdapat Stadion Timika yang berkapasitas 3.500 penonton dan mempertandingkan cabang olahraga sepakbola serta atletik.

4/5 Dibuka dengan acara yang meriah

Resmi dibuka pada tanggal 2 September 2021, acara pembukaan PON XX Papua 2022 diadakan dengan sangat meriah. Deretan kepala pemerintahan, selebriti dan figur publik pun turut memeriahkan acara tersebut.

Bertempat di Stadion Lukas Enembe, acara dibuka oleh Presiden Jokowi. Dalam pidatonya ia pun mengajak untuk merayakan PON ke-XX ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa. Sejumlah artis ternama Indonesia akan mengisi upacara pembukaan PON Papua, mulai dari Tulus, Ruth Sahanaya, Nowela Elizabeth Auparay, Edo Kondologit, Trio Papua, hingga Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Tidak hanya itu saja, untuk mendukung kesuksesan acara tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan dalam konferensi pers-nya bahwa total anggaran PON dari 2018 hingga 2021 kurang lebih sebesar Rp10,43 triliun dengan rincian pada 2018 melalui DTI Rp881,5 miliar dan K/L Rp 211,2 miliar.

5/5 Menjadi bukti kemajuan Papua dari segi infrasturktur dan SDM
 
Selain sukses digelar secara meriah, PON tahun ini juga turut menjadi bukti kemajuan Papua. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kesiapan infrastruktur serta sumber daya masyarakat untuk berpartisipasi di kancah nasional dan internasional sudah sangat baik.

“Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua. Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di Tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua untuk menyelenggarakan acara besar,” ujar Presiden Jokowi di acara pembukaan PON Papua 2021, Sabtu (2/10/2021) dikutip dari kanal YouTube PON XX PAPUA 2021.

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga patut berbangga atas pencapaian yang luar biasa ini.