Twitter dilaporkan sedang melakukan uji coba fitur terbarunya, yaitu fitur Stories miliknya sendiri yang bertajuk “Fleets”. Hal ini diketahui dari unggahan Head Product Twitter Kayvon Beykpour.

Sejak diluncurkan, Twitter memang kerap menjadi pilihan utama orang-orang untuk membagikan pikiran atau pendapat mereka secara bebas mengenai hal-hal yang sedang trending di seluruh dunia melalui Tweets.

twitter 1.jpg

Foto: Twitter Kayvon Beykpour (@kayvz)

Namun, terkadang Tweets juga membawa kekhawatiran bagi pengguna karena sifatnya yang terlalu bebas, dapat dilihat dan dibalas oleh siapa saja, serta permanen. Tidak hanya itu, jumlah Likes dan Retweets juga terkadang membuat para pengguna merasa tidak nyaman.

Oleh karena itulah, pada akun Twitter resminya (@kayvz), Kayvon mengungkapkan bahwa Fleets kini hadir untuk meringankan kekhawatiran-kekhawatiran tersebut.

twitter 2.jpg

Foto: Twitter Kayvon Beykpour (@kayvz)

Berbeda dari Tweets, Fleets tidak dapat mendapat Retweets, Likes, serta tidak dapat dibalas secara publik. Fleets hanya dapat direspon melalui Direct Message (DM), sehingga bersifat lebih personal dibandingkan Tweets yang dapat dibalas dan dilihat siapa saja. Tentu saja, unggahan di dalam fitur Fleets juga dirancang untuk hilang otomatis dalam kurun waktu 24 jam, membuatnya menjadi alternatif yang tepat jika seseorang hanya ingin menyampaikan isi pikirannya secara sekilas.

Tidak hanya itu, Kayvon juga mengungkapkan kalau fitur ini memang terdengar mirip dengan fitur Stories yang ada pada platform media sosial lainnya. Namun, Twitter disebut akan menerapkan beberapa perbedaan untuk membuat fitur ini lebih berfokus untuk membagikan dan melihat pikiran pengguna, selaras dengan fungsi utama Twitter.

twitter 3.jpg

Foto: Twitter Kayvon Beykpour (@kayvz)

Sementara ini, Fleets disebut masih dalam tahap uji coba yang terbatas hanya di Brazil dan sudah menuai respon banyak orang, baik positif maupun negatif. Belum diketahui kapan pastinya fitur ini akan resmi dirilis untuk penggunaan publik.

Baca jugaSpaceX Siapkan Roket untuk Membawa Turis ke Luar Angkasa Tahun 2021

Tags: Fleets, Twitter, Stories