Mengatur uang bukanlah merupakan suatu hal yang mudah, bahkan bagi sebagian orang hal tersebut masih menjadi bahan pembelajaran. Terkadang uang dari penghasilan dan pendapatan kita habis karena kita seringkali membelanjakannya untuk barang atau keperluan yang bukanlah merupakan kebutuhan utama.  Oleh sebab itu, Raditya Dika, youtuber dan komika kondang di Indonesia ini membagikan tips dan caranya dalam mengatur keuangan. Yuk kita lihat bagaimana cara mengatur keuangan ala seorang Raditya Dika.

Jangan Gengsi

Tips pertama dalam mengatur uang menurut Raditya Dika yang dikutip melalui salah satu media lokal adalah jangan gengsi. Beli barang bukan untuk dipamerkan kepada orang lain atau untuk membuat orang lain kagum. Tetapi membeli barang untuk kita sendiri sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah kita membutuhkan barang tersebut atau tidak. Kita juga harus belajar untuk berhemat dan jangan boros.

Tekan pengeluaran dan tingkatkan pemasukkan

Prinsip utama dari seorang Raditya Dika adalah meningkatkan uang yang masuk dan menekan uang yang akan keluar. Tingkatkan uang yang masuk melalui penghasilan kita ditambah dengan juga pendapatan perbulan. Dan tidak lupa dengan menekan biaya pengeluarannya juga. Salah satu cara agar bisa menekan pengeluaran adalah dengan melakukan transaksi cash. Hal tersebut akan membuat kita jadi berpikir dua kali jika ingin membeli sesuatu yang mahal.

Jangan Sampai Berhutang

Bersyukur dengan keadaan kita sekarang, dengan apa yang telah menjadi milik kita. Jika kita belum sanggup untuk membeli sesuatu yang mewah, jangan memkasakan diri, apalagi hingga harus sampai berhutang. Beda halnya jika kita yang melakukan piutang, karena orang yang berhutang yang akan menanggung bebannya.

Rekap Pengeluaran Bulanan

Tips lain dalam mengatur keuangan bagi Raditya Dika adalah membuat rekapan untuk pengeluaran bulanan. Melalui rekapan itu, kita bisa melihat dan menilai sendiri apakah berlebihan atau tidak. Jika pengeluaran bulanan terlihat berlebihan maka bisa kita usahakan lagi agar pengeluaran bulanan tidak melewati pengeluaran yang seharusnya.

Baca juga: Wisnu Subekti, CEO & Co-Founder Startup Zenius 

Tags: Raditya Dika, Mengatur Keuangan