Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memang merupakan salah satu daerah penghasil susu terbesar dan terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai produk olahan susu pun juga menjadi keunggulan “Kota Susu” tersebut. Salah satunya adalah produk keju berkualitas yang dihasilkan oleh Keju Indrakila, pabrik keju pertama di kawasan Jawa Tengah.

cheese-630511_640.jpg

Foto: Pixabay

Industri keju di Boyolali ini sebenarnya sudah berjalan selama beberapa tahun sejak Keju Indrakila didirikan oleh seorang pemuda asal Boyolali, Noviyanto.

Menariknya, selain berbagai jenis keju yang sudah banyak diketahui pada umumnya, seperti mozzarella, feta, dan mountain, Keju Indrakila juga mengembangkan keju lokal khas Boyolali bernama Boyobert yang terinspirasi dari keju Camembert asal Prancis yang memiliki tekstur creamy dan lembut.

Tidak hanya sekadar memproduksi keju saja, produk keju yang dihasilkan oleh Keju Indrakila pun disebut berstandar internasional, sehingga kualitasnya tidak akan kalah dari kualitas keju impor.

Bahkan, Keju Indrakila juga memilih untuk lebih kreatif dengan menambahkan beberapa bahan tertentu untuk menciptakan rasa keju yang lebih unik dan lezat, seperti misalnya black pepper, olive oil, dan chili.

Hingga kini produk Keju Indrakila telah dipasarkan ke berbagai kota di Indonesia, seperti Semarang, Malang, dan Bali. Namun, melihat inovasi dan perkembangan dari Keju Indrakila, mungkin saja keju khas Boyolali tersebut dapat menjangkau pasar internasional dan bersaing dengan keju produksi luar negeri di masa mendatang.

Baca juga: Film Parasite Akan Diadaptasi Menjadi Limited Series Oleh HBO

Tags: Keju Lokal, Boyolali, Keju Indrakila, Keju Boyolali, Susu