Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1970 oleh seorang pecinta fashion dan pemilik butik Wardrobe di West End London, Susie Faux, capsule wardrobe mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang selektif dalam memilih koleksi fashion yang kita gunakan. Tidak hanya membantu meminimalisir barang yang kita miliki, capsule wardrobe juga menjadi solusi ramah lingkungan di tengah laju fashion yang cepat (fast fashion). Berikut lima tips yang dapat menjadi referensimu.

1/5 Mengedepankan fungsi pakaian / fashion items 

fungsi.jpgFoto dok: unsplash.com/@rpnickson 

Dipopulerkan pertama kali pada tahun 1970 oleh Susie Faux, seorang pecinta fashion dan pemilik butik bernama wardrobe di West End London, capsul wardrobe berfokus dalam mengedepankan fungsi dari fashion items itu sendiri. Ia juga mengajarkan kita untuk menjadi pemilih dalam mengoleksi fashion item. Rupanya metode ini berhasil membuat beberapa orang memilih untuk menggunakan capsule wardrobe dalam koleksinya.

2/5 Kurasi adalah kunci 

kurasi.jpgFoto dok: unsplash.com/@anotherlovely 

Menahan keinginan membeli berbagai fashion item, menjadi tantangan besar terutama bagi kaum wanita. Memilih metode ini dalam kehidupan sehari-hari artinya kamu hanya bisa memasukan sebanyak 35 sampai 37 koleksi pakaian dan aksesoris dasar ke dalam lemarimu. Semua yang bersifat dasar, fungsional dan berwarna netral seperti putih, hitam, coklat, abu-abu dan cream, serta kurasi pakaian berbagai musim sudah harus termasuk di dalamnya.

3/5 Menghemat waktu dan budget

waktu.jpgFoto dok: unsplash.com/@sarahdorweiler

Selain memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam berpakaian, capsule wardrobe dikenal memiliki beberapa keuntungan. Beberapa keuntungannya adalah menghemat waktu, melepaskan keterikatan terhadap banyak barang dan menghemat budget fashion. Dengan metode ini kamu juga bisa mengehemat ruangan di lemarimu. Bagaimana? Menarik bukan? 

4/5 Pilih bahan berkualitas untuk pakaian dan aksesori

aksesori.jpgFoto dok: unsplash.com/@socialcut

Konsep capsule wardrobe bertujuan untuk digunakan dalam waktu yang panjang, sehingga sangat penting untuk memilih pakaian dengan bahan berkualitas baik. Hal ini akan memungkinkan pakaian lebih awet dan tahan lama, meskipun sering dipakai dan dicuci secara berulang-ulang. Selain itu, kualitas pakaian yang baik seperti ini akan membuatmu lebih nyaman ketika mengenakannya sepanjang hari.

5/5 Pilih pakaian dengan everlasting style

verlasting.jpgFoto dok: unsplash.com/@tutuwords 

Capsule wardrobe berofokus pada pakaian dengan desain klasik yang berumur panjang. Pola pakaian yang simpel dan mudah dikombinasikan merupakan pilihan yang paling tepat, sehingga pakaian bisa digunakan untuk waktu yang lama, tanpa harus gonta-ganti mengikuti tren terbaru di pasaran.