Rihanna-1024x682.jpegFoto dok: Jeff Spicer/BFC / Getty Images

Siapa yang tak mengenal Rihanna? Pelantun lagu-lagu hits seperti “Umbrella”, “We Found Love” dan “Take A Bow” tersebut tidak hanya sukses berkarier di dunia tarik suara dan seni peran, tetapi juga dalam bisnis kecantikan. Meskipun saat ini ia memilih untuk rehat sejenak dari industri musik dan berfokus mengurus bisnis, namanya masih kerap diperbincangkan di media sosial. Terlebih lagi, dalam beberapa hari belakangan ini dirinya dikabarkan telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional di Barbados, tanah kelahirannya. Berikut adalah 7 fakta menarik mengenai pemilik nama lengkap Robyn Rihanna Fenty ini.

1/7 Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional di Barbados

Baru-baru ini Rihanna ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, penyanyi, penulis lagu serta entrepreneur berusia 33 tahun tersebut baru saja dinobatkan sebagai pahlawan nasional di negara kelahirannya, tepatnya di Bridgetown pada Senin (29/11). Upacara penobatan tersebut juga digelar setelah Barbados resmi lepas dari kolonialisme Inggris dan menjadi negara republik. Dalam upacara sumpah presiden Barbados pertama yang dilakukan pada hari Minggu, 30 November yang lalu, presiden Dame Sandra Mason mengakui Rihanna sebagai pahlawan nasional karena perannya sebagai duta besar untuk budaya dan pemuda di Barbados yang diberikan kepadanya pada tahun 2018. Tidak hanya itu saja, nama Rihanna pun juga dijadikan sebuah nama jalan di negara kelahirannya.

2/7 Pernah mengikuti pelatihan kemiliteran di Barbados

Sebelum memijakkan kakinya di dunia tarik suara, Rihanna merupakan seorang kadet tentara dalam program sub-militer di Barbados, negara di mana ia dilahirkan. Dalam wawancaranya dengan Daily Mail, penyanyi tersebut mengatakan bahwa pelatihan militer tersebut membukakan pintu untuknya untuk berkompetisi dalam sebuah kontes kecantikan.

3/7 Salah satu lagunya pernah menduduki puncak teratas tangga lagu selama 10 minggu berturut-turut

Pada tahun 2011, Rihanna mendapatkan kesuksesan besar melalui lagunya yang berjudul "We Found Love". Menampilkan DJ Calvin Harris, lagu ini menduduki puncak tangga lagu selama 10 minggu berturut-turut dan berada di 100 tangga lagu teratas selama hampir satu tahun. Setahun setelah kesuksesan tersebut, Calvin Harris pun mengatakan pada salah satu wawancaranya bahwa kolaborasi tersebut benar-benar mengubah kariernya.

4/7 Memiliki sejumlah penghargaan Guinness World Records

Dengan suaranya yang khas serta performa panggungnya yang maksimal, tidak mengherankan apabila Rihanna telah mendapatkan banyak penghargaan prestisius, termasuk Guinness World Record. Sepanjang kariernya, ia diketahui telah berhasil memecahkan berberapa rekor dunia, termasuk “Peraih single urutan pertama di Inggris selama setahun berturut-turut", "Artis wanita dengan single nomor satu di AS terbanyak dalam setahun", dan "Single digital nomor satu paling banyak di AS."

5/7 Lagu "Umbrella" dulunya diciptakan untuk Britney Spears

Salah satu lagu hits dan ikonik Rihanna berjudul “Umbrella” pada awalnya diciptakan untuk diva pop era ’90-an, Britney Spears. Dilansir dari Vice, lagu tersebut awalnya ditawarkan pada Britney, namun sayangnya ia menolak tawaran tersebut. Lagu tersebut kemudian ditawarkan pada label rekaman Mary J. Blige dan Def Jam Records. Namun, sekali lagi lagu tersebut mengalami penolakan oleh pihak Mary dan akhirnya Def Jam Records membeli lagu tersebut untuk Rihanna. Hasilnya, lagu tersebut pun langsung sukses dan menjadi lagu paling hits pada eranya.  

6/7 Wanita pertama yang meluncurkan lini busana dibawah LVMH

Pada tahun 2017, Rihanna dan LVMH meluncurkan lini kosmetik Fenty Beauty. Kerja sama keduanya pun berlanjut pada tahun 2019 di mana keduanya merilis lini busana Fenty House di Eropa. Namun, kesuksesan Fenty Beauty rupanya tak serta merta menular pada Fenty House. 

Kurang dari dua tahun eksis, tepatnya pada 10 Februari 2021 lalu, LVMH mengumumkan bahwa mereka mengehentikan sementara label busana mewah siap pakai tersebut.

Pada salah satu wawancaranya dengan CNN, pihak LVMH mengatakan bahwa Fenty Fashion House akan dihentikan sampai kondisi pandemi sudah membaik. Meski begitu, LVMH akan tetap mendukung lini lain dari kerajaan Fenty, seperti Fenty Beauty, Fenty Skin, dan lini khusus lingerie Savage X Fenty. 

7/7 Aktif di berbagai kegiatan sosial

Selain disibukkan dengan kegiatan syutingnya, Lily Collins juga selalu menyempatkan diri untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial. Pada 2017 lalu, Rihannya mendapatkan penghargaan Harvard Humanitarian atas dedikasi dan layanan amalnya selama satu dekade terakhir.

Selain terlibat dalam beberapa organisasi non-profitnya sendiri, termasuk Clara Lionel Foundation, Rihanna juga diketahui selalu menyelenggarakan pesta amal yang sangat sukses setiap tahunnya yang disebut Diamond Ball.

Ketika pandemi menyerang secara global, Clara Lionel Foundation juga turut menyumbangkan 5 juta dolar AS untuk upaya bantuan virus corona.