064981a3-b31d-4795-b9d6-46c9528ca3fc.jpgFoto dok: Getty Images 

Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 25 tahun, gaun pernikahan mendiang Putri Diana akan dipamerkan di Istana Kensington pada musim panas tahun ini.

Baru-baru ini pihak istana mengumumkan bahwa pameran tersebut akan diadakan setelah putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry setuju untuk meminjamkan gaun ikonik tersebut.

Didesain khusus oleh David dan Elizabeth Emanuel, gaun putih dengan panjang 7,6 meter tersebut dikenakan oleh mendinag Putri Diana pada upacara pernikahannya di Katedral St Paul, London pada tahun 1981 silam.

Menampilkan payet dan renda antik Carrickmacross yang awalnya milik Ratu Marry, nenek buyut Diana, gaun ini juga dilengkapi dengan garis leher rendah nan elegan serta lengan besar yang dipangkas dengan busur dan kerutan taffeta pada bagian dalamnya yang dihiasi dengan 10 ribu mutiara.

Selain gaun pengantin, pameran tersebut juga nantinya akan menampilkan gaun dari ibu ratu Elizabeth II, Ratu Elizabeth The Queen Mother saat penobatan sang suami, King George VI pada tahun 1937.

Lebih spesialnya lagi, kedua gaun tersebut juga belum pernah diperlihatkan pada khalayak umum melalui pameran dan menjadi arsip kerajaan yang paling terkenal di abad ke-20.

Bertemakan "Royal Style in the Making", pameran ini juga turut menampilkan kemahiran penjahit dan gaya pakaian yang dibuat khusus untuk tiga generasi perempuan kerajaan.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai gaun pengantin atau Royal Style dalam pameran ini? Kunjungi website resmi Istana Kerajaan untuk detail tampilan dan pembelian tiket.

Pameran ini akan berlangsung mulai 3 Juni 2021 hingga 2 Januari 2022.