Mantan petenis wanita nomor satu di dunia, Maria Sharapova resmi pensiun dari dunia yang sudah membesarkan namanya tersebut. Lewat artikel eksklusif yang ditulis oleh Maria sendiri dan postingan Instagramnya, petenis berusia 32 tahun ini mengucapkan selamat tinggal kepada dunia tenis. 

“Bagaimana kamu meninggalkan satu-satunya kehidupan yang kamu kenal? Bagaimana kamu meninggalkan olahraga yang telah kamu latih sejak kecil, pertandingan yang kamu cintai -- hal yang membawa tangis haru dan kebahagiaan yang tidak terkira -- olahraga dimana kamu menemukan keluarga dan juga fans yang mendukung kamu selama lebih dari 28 tahun?” papar Maria dalam artikelnya yang disebarkan oleh Vogue dan Vanity Fair. 

Selain itu, Maria juga kembali mengisahkan tentang awal mula kariernya menjadi petenis hingga berhasil menempati urutan pertama dunia. Selama 28 tahun bertanding, Maria mengibaratkan tenis sebagai satu gunung yang telah didakinya dan ia bersiap untuk mendaki gunung yang lain. Menurutnya, meskipun sangat sulit untuk mendaki karir di dunia tenis, ia sangat menikmatinya karena segala penghargaan dan dukungan dari fansnya memberikan arti yang sangat indah baginya. 

Keputusan Maria untuk pensiun dari tennis tentu menjadikannya sebagai salah satu pemain tenis wanita paling legendaris yang pernah ada. Bagaimana tidak? Sepanjang kariernya, petenis setinggi 1.88m ini tercatat memenangkan turnamen Grand Slam sebanyak 5 kali. Terlebih, piala Grand Slam pertamanya diraih saat Maria masih berumur 17 tahun yaitu turnamen Wimbledon di tahun 2004.

Lalu sejak memenangkan Grand Slam pertamanya, karier Maria semakin cemerlang dengan menjuarai turnamen Grand Slam lainnya seperti US Open di 2006, Australia Open di 2008 dan Roland Garros atau French Open selama 2 kali yaitu tahun 2012 dan 2014. 

Akan tetapi, perjalanan karier Maria juga sempat memasuki fase terendah. Seperti di tahun 2016, Maria terkena hukuman tidak boleh bermain selama 15 bulan karena terbukti positif mengkonsumsi melodium, satu zat yang dilarang oleh The World Anti-Doping Agency (WADA). Lalu karena hukumannya ini, rangking dari petenis asal Rusia ini sangat merosot hingga saat ini berada di ranking 373.

Namun terhitung sejak 26 Februari 2020, Maria resmi mengatakan “Tennis -- I am saying goodbye” atau yang berarti “Tenis -- Selamat tinggal” setelah 28 tahun berjuang mengayunkan raket tenisnya untuk kejuaraan Grand Slam dan kebanggaan Rusia. Thank You Maria. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Petenis Maria Sharapova

 

 

 

 

Tags: Society, Maria Sharapova, Wta, Tenis