Dalam beberapa hari ini, nama Kamalla Harris ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, wanita berusia 55 tahun ini terpilih sebagai calon wakil presiden partai demokrat Amerika Serikat dalam pilpres November 2020 mendatang. Selain dikenal akan kepribadiannya yang kritis dan bersahaja, ada banyak fakta lain yang menarik mengenai dirinya. Seperti apa? Berikut ulasannya.

1/4 Berasal dari keluarga imigran

Family.jpgFoto dok: indiaabroad.com

Kamala Devi Harris merupakan putri dari pasangan orangtua imigran yang lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California (AS). Ibunya Shyamala Gopalan, adalah seorang wanita berkebangsaan India yang bekerja sebagai peneliti kanker payudara sekaligus aktivis hak-hak sipil. Ayahnya, Donald Harris, adalah seorang profesor ekonomi emeritus Universitas Stanford yang lahir di Jamaika.

Setelah perceraian orang tuanya, Kamala dan adiknya, Maya dibesarkan oleh sang ibu dan ia pun menghabiskan masa sekolahnya di Montreal, Kanada. Ketertarikannya pada bidang hukum dimulai saat ia berkuliah di salah satu perguruan tinggi di AS, Howard University dan empat tahun kemudian, ia menyempurnakan gelarnya di University of California.

Lahir dari keluarga imigran di AS, tak menyurutkan semangatnya untuk mencari jati diri. Dalam sebuah otobigrafinya yang berjudul ‘The Truths We Hold,’ Kamala mengatakan bahwa budaya kulit hitam, yang sejak kecil telah diajarkan ibunya, telah menempa dan membentuk pribadinya.

2/4 Pengoleksi sepatu Converse Chuck Taylor

converse.jpgFoto dok: footwearnews.com 

Dibalik karakternya yang bersahaja, Kamala Harris juga merupakan seorang yang gemar mengkoleksi sepatu. Dilansir dari salah satu media asing, ia memiliki koleksi sepatu khusus, yaitu Converse model Chuck Taylor yang kerap ia gunakan ketika berpergian. Kamala mengatakan bahwa sepatu sneakers memberinya kenyamanan untuk bergerak di tengah aktivitas yang padat. Selain Converse, ia juga mengkoleksi sepatu jenis platform. 

3/4 Hobi memasak 

kamala.jpgFoto dok: medium.com

Di tengah padatnya aktivitas, Kamala mengatakan bahwa ia selalu menyempatkan diri untuk memasak dan mencoba menu baru dari berbagai buku masak favoritnya. Tahun lalu, calon cawapres Joe Biden ini sempat tampil dengan aktris Hollywood, Mindy Kaling dalam sebuah Youtube video, di mana mereka memasak masakan India. Dalam video tersebut, Kamala juga bercerita mengenai tradisi keluarganya dan kebiasaan mereka sebagai perempuan India saat memasak. Resep andalannya adalah roast chicken untuk makan malam, sementara semangkuk sereal kismis dengan susu almond merupakan menu wajib sarapan untuknya. Tidak lupa, ia pun juga membagikan kegemarannya menikmati teh hangat dengan campuran madu dan lemon.

4/4 Seorang aktivis di berbagai bidang

1.jpgFoto dok: theRising 

Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama menginspirasi wanita berusia 55 tahun ini untuk menjadi seorang aktivis. Selain dikenal sebagai aktivis reformasi ganja, Kamala juga memberikan dukungannya pada pengendalian senjata, keadilan lingkungan dan dekriminalisasi ganja. Selain itu, ia juga menentang hukuman mati dan fokus pada kejahatan rasial terhadap anak-anak serta remaja di sekolah.