If you've spent time asking yourself “what do royals eat?” You’re not alone. Selain gaya hidup, makanan di kalangan keluarga kerajaan di dunia kerap menyita perhatian. Memiliki berbagai aturan diet yang terkenal rumit dan ketat, setiap anggota kerajaan memiliki hidangan favorit yang dibuat khusus oleh juru masak pribadi mereka. Mulai dari Ratu Elizabeth, Ratu Letizia dari Spanyol, Raja Salman bin Abdulaziz hingga Putri Charlene dari Monako, berikut berbagai hidangan favorit para anggota kerajaan di dunia.

1/5 Swedia

Karl Gustaf.jpgFoto dok: Archdaily

Berbeda dengan keluarga kerajaan lainnya seperti Inggris dan Saudi Arabia, kehidupan para bangsawan Swedia jarang terekspos oleh media. Meskipun demikian, House of Bernadotte memiliki sejarah yang kaya dan hubungan yang erat dengan makanan. Baru-baru ini terungkap bahwa Raja Carl Gustaf terpaksa mengurangi konsumsi makanan favoritnya, steak dan jelly candy karena alasan kesehatan. Dalam salah satu pidatonya, sang raja mengatakan bahwa saat ini ia sedang rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. “You don’t have to eat bloody steaks all day” ujarnya.

2/5 Monaco

Monaco.jpgFoto dok: royalcorrespondent.com

Identik dengan gaya elegan serta kemewahan, kerajaan kecil berbahasa Prancis di Monco dikenal akan kasino, Grand Prix serta hidangan mewah menguggah selera. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para bangsawan Monegasque sangat menghargai makanan mereka. Namun, selain sampanye dan kaviar yang kerap digemari oleh para aristrokat, Putri Charlene memiliki hidangan favorit pribadi yang sederhana. Mantan atlet renang dari Afrika Selatan yang menikahi Pangeran Albert II ini kabarnya sangat menikmati ayam panggang lemon, disajikan dengan rempah-rempah Afrika.

3/5 Inggris

Inggris.jpgFoto dok: BBC 

Makanan di kalangan keluarga Kerajaan Inggris memang selalu menjadi topik menarik untuk dibahas. Terlebih lagi ketika khalayak luas mendapatkan berbagai informasi mengenai berbagai hidangan yang disajikan dalam istana dari mantan koki kerajaan, Darren McGrady. Dalam wawancaranya, Darren mengatakan bahwa setiap anggota kerajaan menjalani diet yang ketat nan rumit dan harus mematuhi berbagai aturan seperti tidak menyantap hidangan mengandung bawang, daging setengah matang, pasta dan nasi, telur putih, buah-buahan yang tidak tumbuh pada musimnya dan masih banyak lagi. Adapun berbagai hidangan favorit dari para anggota kerajaan adalah dark chocolate, buah dan syuran organik, wild mushrooms, raw peas, Victoria Sponge cake, Toffee cake, roasted chicken dan hidangan sehat lainnya.

4/5 Spanyol

Spain.jpgFoto dok: royalcentral.co.uk

Sama halnya dengan berbagai keluarga kerajaan yang lainnya, keluarga bangsawan Spanyol juga memiliki diet spesial mengenai berbagai hidangan yang boleh dan tidak boleh disantap. Dilansir dari media asing, Queen Letizia of Spain mengikuti diet khusus yang berfokus pada kebiasaan makan yang berkelanjutan dan banyak bahan kaya nutrisi. Kabarnya sang ratu merupakan pengikut setia Diet Perricone, yang berfokus pada kesejahteraan batin dan mendorong konsumsi makanan yang mengurangi peradangan. Tidak hanya itu saja, diet ini juga berfokus pada kesejahteraan mental dan fisik jangka panjang daripada penurunan berat badan. Untuk sarapan, sang Ratu biasa mengkonsumsi nutrient-dense foods and lean proteins seperti egg white omelette dan smoked salmon. Untuk makan siang, Queen Letizia mengkonsumsi berbagai macam salad serta grilled vegetables. Untuk minuman, dirinya kerap mengkonsumi jus buah segar serta air putih dan ia pun tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gula. Tak mengherankan jika Queen Letizia selalu terlihat sehat dan bugar.

5/5 Saudi Arabia

cdc534a8-7987-4246-a2e3-fc163303b847.jpgFoto dok: MohamedBinZayed Twitter official account

Sebagai salah satu dinasti terkuat di dunia, keluarga kerajaan Arab Saudi dikenal memiliki gaya hidup yang mewah. Selain memanjakan diri di berbagai restoran terbaik di dunia, Raja Salman bin Abdulaziz juga kerap mengadakan jamuan dalam berbagai acara kenegaraan. Pada kunjungan Pangeran Charles di tahun 2013, koki terbaik di kerajaan menghidangkan berbagai masakkan berkelas seperti roast baby camel on a bed of cardamom rice. Lalu bagaimana dengan makanan sehari-harinya? Dilansir dari berbagai media, sang Raja rutin mengkonsumsi susu dan buah kurma di pagi hari. Untuk makan siang dan makan malam, dirinya kerap mengkonsumsi makanan tradisional khas Saudi Arabia seperti nasi kabsah dengan daging kambing dan salad sayuran, olahan kentang dan daging kambing khas Arab atau mushaka serta sayur okra yang dimasak dengan daging kambing atau yang disebut dengan Mulukia. Tidak hanya itu saja, Raja Salman dan anggota kerjaan lainnya juga kerap membawa juru masak pribadinya ketika berpergiaan seperti yang ia lakukan pada kunjungannya ke Bali pada tahun 2017.