BHUT.jpg Photo source: unsplash.com/@sampower123

Menikmati pemandangan dan menghirup udara segar serta mendekatkan diri ke alam pastinya dapat mengurangi beban pikiran setelah menjalani social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Padatnya pekerjaan terlebih penat yang dirasakan setelah berbulan-bulan melakukan aktivitas di rumah, berpergian atau traveling dapat membantu kita untuk beristirahat sejenak. Jika kamu sedang merencanakan untuk berlibur, Bhutan merupakan salah satu negara yang tepat untuk dikunjungi.

Negeri Naga Guntur ini memang terkenal dengan ekslusifitasnya sehingga kamu dapat menikmati liburanmu secara tenang tanpa harus berdesakkan dengan wisatawan lain.

Berikut 5 alasan mengapa Bhutan pantas untuk dikunjungi setelah pandemi COVID-19 berakhir.

1/5 Pemandangan alam yang tak tertandingi

ALAM.jpgPhoto source: pixabay.com/@BoyKat

Negara yang terletak di Asia Selatan ini memang tidak sepopuler negara-negara tetangganya seperti Nepal, India, atau Maladewa. Terletak di pegunungan Himalaya membuat pemandangan alam di negara ini tidak bisa di padang sebelah mata. Sepanjang mata memandang, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan, hamparan lahan yang hijau dan tebing-tebing tinggi yang menjulang. Tidak hanya itu, Bhutan juga menjadi salah satu negara dengan udara terbersih di dunia. Tak ayal, negara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati para wisatawan.

2/5 Tempat menarik bagi pecinta seni

seni.jpgPhoto source: pixabay.com/@suketdedhia

Selain pemandangan yang indah, Bhutan juga terkenal dengan negara yang sangat menjaga adat dan tradisinya. Tidak heran jika wisatawan akan banyak menemukan penduduk sekitar yang masih menggunakan pakaian tradisional. Tidak hanya pakaian, Bhutan juga terkenal dengan ukiran kayu, lukisan, patung dan ornamennya. Pekerjaan utama masyarakat disana adalah penjahit, pemahat kayu, penenun dan pembuat kertas. 

3/5 Wisata Spiritual

wisata sprituial.jpgPhoto source: unsplash.com/@kinshuk_bose

"There's no place as peaceful and as calm as Bhutan." Kutipan ini memang benar adanya. Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman religi yang tak terlupakan, Bhutan merupakan tempat yang tepat. Hampir tidak ada tempat di Bhutan di mana wisatawan tidak mendengar mantra-mantra yang dinyanyikan oleh para biksu. Masyarakat Bhutan tidak hanya menganggap Agama Buddha sebagai agama tetapi juga cara hidup. Ketika berlibur, wisatawan akan berkunjung ke biara-biara yang ada di Bhutan, salah satunya seperti Biara Taktsang Palphug atau Tiger's Nest. 

4/5 Iklim yang menyenangkan sepanjang tahun

Iklim.jpgPhoto source: pixabay.com/@impradip 

Meskipun memiliki empat musim, Bhutan tergolong negara yang memiliki suhu dan kondisi cuaca yang relatif menyenangkan. Hal ini juga menjadi salah satu daya Tarik bagi para wisatawan karena negara ini dapat dijelajahi sepanjang tahun, sehingga tidak sulit untuk menyesuaikan dengan jadwal liburanmu. Pada musim panas, cuaca di Bhutan akan dibarengi oleh hujan yang ringan. Sementara itu, musim panas dan musim gugur adalah waktu yang tepat bagi para wisatawan untuk berkunjung. 

5/5 Memiliki berbagai kuliner lezat

culinary.jpgPhoto source: pixabay.com/@cow5318

Tak hanya tempat-tempatnya, Bhutan juga memiliki kuliner yang tak kalah menarik. Terkenal dengan rempah-rempahnya, tidak heran jika Bhutan juga menjadi salah satu destinasi kuliner bagi para wisatawan. Jika kamu berkunjung ke Bhutan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Ema Datshi (hidangan nasional Bhutan dengan campuran cabai pedas dan keju lokal) atau Hoentai (pangsit yang diisi dengan potongan daging atau kombinasi lobak, ayam, keju, atau kedelai, yang dikukus atau digoreng.

Baca juga: 5 Tren Berlibur yang Diprediksi Akan Diminati Setelah COVID-19 Berakhir