Bulan ini kita akan menyambut perayaan akhir tahun dan tidak ada salahnya jika kamu sudah merencanakan segala persiapan untuk berlibur bersama keluarga, teman dekat atau kerabat untuk menikmati alam dan keindahan destinasi wisata di Indonesia.

Seperti yang pernah dibahas di artikel kami sebelumnya, perjalanan jangka panjang diprediksi akan menjadi tren berlibur di tahun ini dan tahun depan. Salah satu caranya adalah dengan mengemudi campervan. Berikut lima rekomendasi destinasi lokal terbaik yang dapat kamu kunjungi.

1/5 Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Baluran.jpgFoto dok: travelspromo.com 

Lupakan sejenak Taman Nasional Serengeti di Afrika, karena di Indonesia sendiri kamu pun juga dapat mengunjungi tempat serupa. Terletak di Banyuwangi dan Situbondo, Taman Nasional Baluran memiliki luas 25.000 Ha dan sekitar 40 persennta didominasi oleh tipe vegetasi sabana. Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi 444 jenis tumbuhan asli tang khas, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Berlibur kesini akan memberikanmu pengalaman safari yang tak terlupakan.

2/5 Danau Kaolin, Bangka Tengah

kaolin.jpgFoto dok: Tripzilla.id 

Danau Kaolin atau yang dikenal dengan Camoi Aek Biru (danau dengan air biru) merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi para pecinta travelling. Terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, danau ini memiliki dua warna air yang berbeda, warna biru terang bak kristal dan warna hijau yang cantik. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah sekitar pukul 09.00-11.00 atau 15.00-17.00. Kamu juga disarankan untuk menikmati pemandangan Danau Kaolin Air Bara saat matahari terbenam karena keeksotisan di sini makin bertambah.

3/5 Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

labengki.jpgFoto dok: gocelebes.com

Disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat, Pulau Labengki memiliki pesona yang tak tertahankan. Di sini, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan cantik di atas air, tetapi juga keindahan berbagai biota laut yang masih terjaga habitatnya. Di Pulau ini, kamu juga dapat menjumpai salah satu spesies kima (kerrang raksasa) terbesar didunia yang besarnya mencapai 50 cm. Spot yang wajib kamu kunjungi adalah Teluk Cinta Pulau Labengku yang menjadi salah satu primadona karena teluknya yang menyerupai hati.

4/5 Pantai Ora, Maluku Tengah

ora.jpgFoto dok: nativeindonesia.com 

Pantai Ora merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang memiliki pesona keindahan bagai surga di Indonesia Timur. Terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang banyak memikat wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Meski letaknya jauh dan agak tersembunyi, pantai ini dilengkapi dengan berbagai akomodasi seperti penginapan, restoran dan spot outdoor activities yang menyenangkan. Di sini, kamu juga bisa menikmati keindahan alam Pantai Ora dari penginapan berbentuk rumah panggung yang mengapung di atas air. Selain menginap di Ora Beach Resort, kamu juga bisa mencoba menginap di rumah penduduk setempat. Tentu saja, selain bisa lebih mengenal budaya dan penduduk setempat, kamu juga bisa lebih menghemat biaya menginap.

5/5 Tomini Bay, Gorontalo

tomini.jpgFoto dok: katalogwisata.com

Tomini Bay merupakan teluk terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 6.000.000 hektar dan mempunyai 90 pulau. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai hobi diving, karena tempat ini memiliki habitat bawah laut yang sangat indah. Keindahan bawah laut di Tomini Bay seperti surga dunia sehingga rasanya sangat sulit untuk mendandingi kecantikannya. Bagi beberapa penyelam yang datang dari luar ataupun dalam negeri, Tomini Bay merupakan primadona bagi mereka.