Swiss.jpgMonikalris/pixabay.com

Setelah hampir lebih dari sebulan menjalani social distancing atau pembatasan sosial, rasa bosan dan penat hampir tidak dapat dihindari. Terlebih saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai pada Jum’at (4/10) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Keinginan untuk beraktivitas di luar rumah, bersosialisasi dengan kerabat dan keluarga serta meluangkan waktu untuk berlibur ke berbagai destinasi menarik pasti sudah terbayangkan di benak kita. Tidak hanya itu, keinginan untuk mendekatkan diri dengan alam dan menghirup udara segar pastinya sudah tercatat di dalam daftar hiburan yang akan dilakukan saat pandemic COVID-19 ini berakhir.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi berbagai tempat untuk melepas penat dan stress sehabis masa social distancing, berikut 5 rekomendasi destinasi wisata di Swiss yang dapat kamu kunjungi.
 
1/5 Lauterbrunnen Valley

Lauterbunnen.jpgcmooreinswitzerland/pixabay.com


Terletak di sebelah tenggara kota Bern, di sepanjang kaki pengunungan batu, lembah Lauterbrunnen dikelilingi oleh tiga gunung besar yaitu Eiger, Monch dan Jungfrau. Lembah yang dijuluki sebagai lembah tercantik di dunia ini dihiasi oleh 72 air terjun dan kerap menjadi salah satu magnet wisatawan pada musim semi. Ketika berkunjung ke lembah ini, pastikan untuk mengunjungi salah satu air terjun tertinggi di Eropa yaitu Staubbach. 
 
Keindahan lembah ini pun juga menginspirasi J.R.R Tolkien, seorang penulis petualangan Hobbit dalam seri The Lord of The Rings. Tidak hanya itu, sastrawan dan filsuf ternama asal Jerman, Johann Wolfgang von Goethe juga menyampaikan kekagumannya melalui sebuah puisi berjudul 'Spirit Song Over the Waters' yang terinspirasi dari keindahan air terjun di lembah ini. Tak ayal, desa ini pun dinobatkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2001 silam.

1/2 Grindelwald

grinderwald.jpghslergr1/pixabay.com

Tempat selanjutnya yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur di Swiss adalah Grindelwald. Sebuah desa cantik yang terletak di kaki Gunung Eiger ini menawarkan pemandangan dan keindahan yang dramatis.
 
Selain udaranya yang sejuk, para pengunjung juga akan disajikan berbagai objek wisata menarik seperti menyaksikan gletser air panas Gletscherschlucht, mengunjungi museum Grindelwald, mempelajari kerajinan tradisional dan teknik pertanian setempat hingga menikmati pemandangan desa dan lembah dari ketinggian 7431 kaki dengan menggunakan First Flyer.
 
Ketika berkunjung ke Grindelwald, pastikan untuk mengunjungi Danau Bachalpsee dan menyusuri First Cliff Walk (by Tissot) yang berada di sepanjang gunung. First Cliff Walk adalah walkway atau jembatan menggantung yang memungkinkan kita untuk berkeliling menikmati keindahan alam di desa ini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Grindelwald adalah pada  saat musim semi dan musim panas.
 
1/3 Guarda

Guarda.jpgtouropasia.blogspot.com

Jika kamu menginginkan suasana tenang saat berlibur, maka Guarda dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain pemadangangannya yang indah, kamu juga bisa mengunjungi lembah, hutan dan berbagai desa kecil yang berlokasi di sekitar Guarda.
 
Selain berkunjung di musim semi, atau gugur, desa ini juga layak dikunjungi saat sedang musim dingin. Ada berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan mulai dari ski es hingga kereta luncur. Tidak hanya itu, para pengunjung pun dapat berkunjung ke berbagai bangunan-bangunan bersejarah yang masih dipertahankan keasliannya.

1/4 Zermatt

Zermatt.jpg12019/pixabay.com

Terletak di kaki pegunungan tertinggi di Swiss, Gunung Matterhorn, Zermatt merupakan kota kecil yang dikenal sebagai salah satu pusat olahraga dan aktivitas outdoor seperti hiking, ski, snowboarding, trekking, mountain biking dan paralayang. Pada musim dingin, 4 area seperti Sunnega, Gornergrat, Klein Matterhorn dan Schwarzsee didedikasikan sebagai area ski, dimana area ini dapat dicapai menggunakan kereta Gornergrat Bahn.
 
Selain pengunungannya, hampir setiap sudut kota Zermatt menyuguhkan pemandangan tak terlupakan, mulai dari pegunungan bersalju, hamparan lembah dan lereng hingga bentang alam yang menakjubkan. Keunikan dari kota ini juga terletak pada atmosfernya yang ramai seperti kota metropolitan di tengah pegunungan, dengan pemukiman yang padat serta tempat penginapan bagi para wisatawan.
 
Tidak hanya itu, Zermatt merupakan salah satu kota di Swiss yang baik untuk para pejalan kaki karena seluruh kota ini termasuk zona bebas mobil dan kendaraan bermotor, sehingga kendaraan berbahan bakar bensin tidak diizinkan beroperasi. Meskipun demikian, para pangunjung masih dapat mengendarai kendaraan dengan baterai yang disediakan untuk disewa.
 
Jika kamu tidak ingin berkendara, shuttle bus, taxi dan bus penumpang juga tersedia. Selain itu, kereta kuda yang dioperasikan oleh hotel ataupun disewakan juga bisa menjadi alternatif berkendara di Zermatt.

1/5 Lugano

Lugano.jpgadage/pixabay.com

Disebut sebagai “Permata yang Tersembunyi”, Lugano merupakan salah satu kota di Swiss yang memiliki danau terindah yaitu Danau Lugano yang terletak di perbatasan Swiss dan Italia, tepatnya di antara Danau Como dan Lago Maggiore.
 
Keindahan nuansa alam di danau ini juga tak terlepas dari pemandangan di sekitarnya yang dihiasi oleh Kawasan pejalan kaki yang dikelilingi pepohonan, hotel-hotel megah serta gedung-gedung perkantoran. Gunung San Salvatore dan Gunung Bre juga mengapit kota Lugano dengan latar belakang pemukiman desa di puncak gunungnya yang menawan.
 
Berbagai aktivitas juga ditawarkan seperti menyewa perahu untuk mengelilingi danau, bersepeda di sekitar Danau Lugano, perjalanan hiking di bukit dan pegunungan terdekat hingga berkunjung  desa nelayan Gandria. Tur yang ditawarkan juga diberikan dalam dua Bahasa yaitu Italia dan inggris.
 
Jika kamu memiliki banyak waktu di kota ini, pastikan untuk berjalan di sepanjang danau dan melewati taman Parco Ciani yang dikelilingi dengan pepohonan serta angsa-angsa yang berkeliaran di sekitar taman. Tidak hanya itu, ada banyak kafe untuk menikmati kopi dan Gelato serta Museum Seni dan Budaya Lugano (LAC, Lugano Arte e Cultura) yang terkenal akan eksteriornya bak maha karya seni yang indah.