Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pelaku usaha kuliner yang suka mengembangkan olahan teh. Seperti contoh jenis teh yang kerap ditemukan belakangan ini adalah kombucha. Kombucha atau teh jamur merupakan sebuah teh yang dihasilkan dari fermentasi jamur teh kombucha beserta ragi dan gula. Pertama kali ditemukan sekitar 200 tahun yang lalu, teh ini mulai digemari karena manfaatnyab bagi tubuh. Seperti 4 manfaat positif kombucha yang wajib kamu ketahui berikut. 

1/4 Dipenuhi dengan probiotik 

0E8CEE09-201D-4913-A44A-C531F65C45B8.jpegFoto: Dok. Phxere 

Seperti yang telah dijelaskan di paragraf pembuka tadi, kombucha merupakan hasil fermentasi jamur teh dan beberapa zat lainnya. Oleh sebab itu, berbagai zat muncul termasuk bakteri probiotik. Bakteri probiotik sendiri merupakan bakteri sehat yang mencegah datangnya penyakit ke tubuh, melancarkan pencernaan dan meningkatkan sistem imun. Sehingga, teh ini sangat dianjurkan bagi siapapun yang memiliki sistem pencernaan tak baik dan kekebalan tubuh yang lemah. 

2/4 Dapat membuang bakteri perusak tubuh 

25E311A7-3E58-4F0F-A2C9-BA5EE07354B4.jpegFoto: Dok. Forbes

Salah satu zat utama yang dihasilkan selama fermentasi kombucha adalah asam asetat. Seperti yang diketahui, zat asam asetat mampu membunuh mikroorganisme yang berpotensi membahayakan tubuh. Oleh karena itu, Kombucha memiliki ditaksir dapat menangkal berbagai bakteri jahat dan membuat tubuh menjadi tidak gampang sakit. 

3/4 Mencegah penyebaran sel kanker  

630E8BC7-A060-4B0F-B570-B6BA077F540B.jpeg

Foto: Dok. Pxfuel

Selain dipenuhi dengan asam asetat dan probiotik, kombucha juga dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan polifenol teh yang tinggi. Diketahui bahwa antioksidan merupakan satu zat yang dapat menangkal penyebaran sel kanker. Sehingga, Kombucha dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan mutasi gen penyebab kanker. 

4/4 Menurunkan gula darah 

331CC0CA-5E56-46C4-9E4D-D7DCFB7C5997.jpegFoto: Dok. Housekeeping.uk 

Penyakit gula atau diabetes merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Namun menurut satu penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan, teh Kombucha terbukti dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh yang membantu mengurangi kadar gula darah tinggi. 

Baca juga: 3 Teknik Yoga Wajah Untuk Mencegah Penuaan Dini

Tags: Wellness, Teh Kombucha, Kombucha, Kombucha Tea